home ×
Technology

Kalau Nguping Semua, Asisten Digital Mana yang Aman Digunakan?

29 July 2019 By
Kalau Nguping Semua, Asisten Digital Mana yang Aman Digunakan?
Share
Share
Share
Share

(Ilustrasi: Cult of Mac)

Uzone.id -- Siri ternyata suka nguping obrolan pribadi penggunanya. Baiklah, ternyata ini bukan kabar baru. Sebelumnya, sudah ada asisten digital lain seperti Google Assistant dan Alexa dari Amazon.

Jadi… apakah hal ini patut diwajari? Jadi yang aman yang mana, dong?

Mungkin bagi sebagian besar pengguna setia produk Apple seperti iPhone dan Apple Watch, mereka akan terkejut saat tahu bahwa ada mantan karyawan Apple yang membocorkan bahwa Siri bisa mendengarkan percakapan pribadi penggunanya.

Tampaknya, perangkat Apple begitu mudah mengaktifkan Siri tanpa disadari dan asisten digital ini merekam pembicaraan pribadi seperti saat berkunjung ke dokter, transaksi obat-obatan terlarang, sampai ‘obrolan ranjang’.

Baca juga: Ribuan 'Obrolan Ranjang' Terekam di Google Assistant dan...Bocor

Namun, sebelumnya ternyata asisten digital Alexa milik Amazon dan Google Assistant juga melakukan hal yang sama. Malah sempat ada rumor lain yang mengatakan bahwa Assistant juga bisa mengakses riwayat pencarian si pengguna.

Mengutip The Verge, sebelum kita panik, ada penjelasan yang cukup menarik. Amazon dan Google sudah pernah mengungkapkan bahwa mereka memiliki sistem yang sama di mana pekerja manusia memang mendengarkan percakapan yang direkam oleh layanan asisten digital masing-masing.

Kenapa mereka membiarkan karyawan manusia mendengarkan percakapan pribadi pengguna? Tujuannya untuk meningkatkan kecerdasan si asisten digital ini.

Baik Alexa maupun Assistant tentu saja tidak bisa membedakan antara ucapan yang kurang benar dan perintah sungguhan. Hal ini sudah pasti sering ditemui oleh para pengguna ponsel pintar dan sangat lumrah jika kejadian.

Sayangnya, memang belum ada kejelasan dari Google, Amazon, atau Apple sendiri mengenai sejauh mana mereka mendengarkan percakapan para pengguna.

Baca juga: 'Curhat' ke Siri Soal Rencana Penembakan, Remaja ini Ditangkap Polisi

Antara Siri, Alexa, dan Amazon, ketiganya sekarang terlihat berbahaya, namun tetap ada perbedaannya.

Alexa hadir sebagai speaker pintar dari Amazon, lalu Assistant berfungsi di ponsel-ponsel Android, dan Siri yang begitu luas penggunaannya karena ada di iPhone dan Apple Watch.

Selain itu, perbedaan lainnya juga terletak di fungsi. Pengguna bisa memilih beberapa penggunaan pada Alexa Amazon dan Google Assistant untuk dinonaktifkan. Jadi, meskipun ada fungsi yang dimatikan, pengguna tetap bisa menggunakan kedua layanan ini.

Sementara Apple tidak menyediakan opsi proteksi privasi seperti Amazon dan Google. Satu-satunya cara agar pengguna merasa aman yaa… dengan menonaktifkan Siri sepenuhnya.

Baca juga: Google Assistant Bisa Terjemahkan Bahasa Indonesia

Mungkin bagi yang memiliki perangkat speaker Alexa dan Assistant pada ponsel Android, coba diotak-atik aja gaes pengaturan asisten digitalnya jika ingin terhindar dari hal-hal yang gak diinginkan.

Sedangkan bagi pengguna perangkat Apple, solusinya hanya lebih berhati-hati saja dalam berbicara jika sedang berada di dekat iPhone, HomePod, bahkan Watch sekalipun. Tapi kalau sepenuhnya aman, matikan saja fungsi Siri.

Well, mau bagaimanapun masalah seperti ini bisa kembali menyadarkan kita semua bahwa kapanpun kita setuju dan secara sadar menggunakan produk-produk pintar seperti ini, memang harus paham akan ada risiko privasi yang akan selalu mengejutkan kita.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

252 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
ALI YUSUF 18 January 2020 | 09:21:57

bukannya itu melanggar hukum apa itu tidak

Tri Satria 15 December 2019 | 08:39:29

nguping kalau gak merekan mungkin gak apa2

Satria Kelana 22 October 2019 | 22:55:56

terlalu banyak yang nguping bahaya juga ya

Charlot Katakuri 15 October 2019 | 18:05:47

apakah ini di jual juga di amazon yah?

netti hasan 04 October 2019 | 04:50:13

kalau sih santai aja karena tidak memakai iPhone

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article