home ×
Auto

Kalau Punya Kendaraan Listrik, Berapa Biaya “Setrumnya”?

07 November 2019 By
Kalau Punya Kendaraan Listrik, Berapa Biaya “Setrumnya”?
Share
Share
Share
Share

Deddy Corbuzier bersama Tesla Model 3 (Foto: Instagram @mastercorbuzier)

Uzone.id - Kalau kendaraan mobil atau motor dengan mesin konvensional membeli bahan bakar minyak (BBM) pakai satuan liter. Nah, kalau kendaraan mobil atau motor menggunakan tenaga listrik membeli setrum pakai satuan Kilowatt Per Hour (KWh).

Jadi, KWh adalah banyaknya Daya Listrik yang digunakan oleh kendaraan listrik tersebut dalam satuan Kilowatt, dalam waktu satu jam. Untuk 1 KiloWatt sendiri sama dengan 1.000 Watt.

Baca juga: Halangi Jalanan Komplek, Kanopi Mobil Clara 'Duo Semangka' Dibongkar

Lalu, kalau kita punya kendaraan listrik, berapa sih biaya listriknya?

EVP Corporate Communication &CSR I Made Suprateka mengatakan, saat ini Perusahaan Listrik Negara (PLN) memberikan harga Rp 1.352 per 1 KWh, bagi pemilik kendaraan yang memanfaatkan charger di rumah.

Namun, kalau charger kendaraan listrik di atas jam 12 malam, PLN memberikan diskon 50 persen.

"Tarif sama di hari biasa, di siang hari. tapi PLN akan memberikan insentif kalau nge-charge di rumah itu di atas jam 12 diskon 50 persen per KWh," tutur I Made Suprateka di acara IIMS Motobike Expo 2019 di The Goods Dinner, SCBD, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Baca juga: China Gelar Jaringan 5G, Segini Harga Paket Data Internetnya

Ambil contoh mobil listrik Tesla Model 3, yang sudah dimiliki Deddy Corbuzier. Mobil besutan Elon Musk itu pakai baterai berdaya 50 KWh.

Kalau 1 KWh dihargai Rp 1.352, maka untuk sekali isi baterai Tesla Model 3 cuma butuh biaya Rp 67.000. Itu untuk perjalanan kurang lebih 400 km. Irit bukan?

Kalau mobil mewah rata-rata mengonsumsi BBM 1 liter untuk 10 Kilometer, maka kemampuan baterai Tesla Model 3 saat disi penuh setara dengan 40 liter BBM. 

Anggap saja mobil mewah pakai Pertamax Turbo yang harganya saat ini Rp 11.200. Maka, untuk 40 liter menghabiskan biaya Rp 448.000.

Tapi, nanti dulu. Untuk harga baterai Tesla Model 3 saja sekitar 60-70 persen dari harga mobilnya yang mencapai Rp 1,5 miliar (off-the-road). Mikir lagi deh, buat beli mobil listrik!

VIDEO Cara Gampang Milih Mobil Bekas

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id