home ×
Telco

Kaleidoskop 2020: Pencapaian Telkom Indonesia

31 December 2020 By
Kaleidoskop 2020: Pencapaian Telkom Indonesia
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Memasuki awal 2020, Telkom Indonesia menyiagakan seluruh perangkat telekomunikasi dan tim operasional dikala Indonesia memasuki musim hujan dengan curah hujan tinggi.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah bersama seluruh direksi mengunjungi lokasi-lokasi yang terkena banjir seperti Bekasi, Cengkareng, Srengseng dan Tangerang.

Untuk di wilayah Jakarta dan sekitarnya Telkom menyediakan 1.500 paket sembako untuk masyarakat terdampak di beberapa titik pengungsian seperti Bekasi, Tangerang dan Jakarta Utara. Telkom juga mengerahkan perahu karet untuk mendukung kebutuhan evakuasi.

Diawal merebaknya covid 19 pemerintah menetapkan Wisma Atlet Kemayoran sebagai rumah sakit darurat pasien terpapar virus corona, berbagai fasilitas pun disiapkan salah satunya adalah fasilitas telekomunikasi.

Untuk itu, Telkom Indonesia dengan siaga memberikan dukungan akses internet dan sarana teknologi informasi dan komunikasi guna mempermudah para petugas kesehatan untuk menolong dan merawat para pasien untuk kebutuhan koordinasi berbagai pihak terkait.

1. PeduliLindungi

Guna mencegah penyebaran pandemi covid 19 di Indonesia, Kementrian Kominfo menggandeng Telkom Indonesia mengembangkan aplikasi pengendalian dan penjagaan diri bernama PeduliLindungi.
Aplikasi ini berfungsi untuk melakukan penelusuran, pelacakan dan informasi bagi masyarakat tentang keberadaan PDP (pasien dalam pengawasan) dan ODP (orang dalam pemantauan).

2. Paket Bantuan Telkom Indonesia

Dalam langkah untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19, Menteri BUMN Erick Thohir secara simbolis menyerahkan paket bantuan Telkom Indonesia kepada masyarakat yang berlangsung di Vertical Garden Telkom Landmark Tower Jakarta.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan secara serentak di 7 lokasi kantor Telkom Regional.

Bantuan sebanyak 100.000 paket yang diberikan kepada masyarakat yang terdampak pandemi ini juga melibatkan 1300 UMKM binaan Telkom Indonesia sebagai upaya pemberdayaan industri kecil.

3. VSAT Mangoesky

Pandemi telah merubah pola kehidupan masyarakat yang mengharuskan berbagai aktivitas dijalankan dari rumah yang tentunya memunculkan kebutuhan mendasar akan akses internet bagi seluruh lapisan masyarakat.

Demi menjangkau cakupan seluruh wilayah Indonesia dalam memenuhi kebutuhan akan koneksi internet berkualitas tinggi, Telkom Indonesia menyediakan akses informasi di kawasan 3T melalui teknologi VSAT Mangoesky.

Ke depannya, Telkom Indonesia akan memperluas program serupa pada sebanyak 241 desa di 26 Provinsi seluruh Indonesia.

4. Program Dukungan Bagi UMKM

Tercatat sekitar 60% Usaha Mikro Kecil dan Menengah binaan rumah kreatif BUMN Telkom Indonesia terdampak atas pandemi Covid-19, menyadari akan hal tersebut Telkom Indonesia melaksanakan program dukungan bagi UMKM, seperti aplikasi Lapak Ibu sebagai solusi digital untuk para ibu dan pedagang pasar tradisional, program Titip Jual sebagai cara ampuh untuk membantu penjualan UMKM binaan rumah BUMN Telkom yang terdampak Covid-19.

Selain itu Telkom Indonesia juga menyelenggarakan berbagai rangkaian webinar serta program Wirakriya Milenial 2020 untuk membantu para UMKM di tengah pandemi

5. Program Modern Broadband City

Kondisi pandemi tidak menyurutkan upaya telkom untuk mewujudkan digitalisasi di indonesia terlebih tuntutan masyarakat yang semakin mengharuskan ketersediaan akses internet yang handal dan berkualitas.

Sepanjang 2020, Telkom terus melakukan modernisasi jaringan telekomunikasi dengan menggunakan teknologi berbasis 100% fiber optic di kota dan kabupaten seluruh Indonesia atau yang dikenal dengan program Modern Broadband City. Sampai saat ini telkom telah merealisasikan 191 Modern Broadband City dan 8 Modern Province.

6. PaDi UMKM

Sejalan dengan fokus pemerintah untuk memastikan UMKM tetap tumbuh produktif Kementrian BUMN berkolaborasi dengan Telkom Indonesia dan 8 BUMN lainnya menghadirkan flatform digital yakni Pasar Digital UMKM atau yang dikenal dengan PaDi UMKM flatform ini bertujuan untuk memfasilitasi pengembangan potensi pelaku ekonomi lokal di Indonesia

7. Digitalisasi SPBU

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Pertamina bekerjasama dengan Telkom mengimplementasikan program digitalisasi SPBU di seluruh Indonesia.
Melalui digitalisasi ini, Pertamina dapat memnatau kondisi stok bahan bakar minyak penjualan BBM serta transaksi pembayaran di SPBU.

8. Telkom Hyperscale Data Center (HDC)

Di pertengahan tahun 2020, sebagai upaya mempekuat pondasi layanan digital flatform di masa depan membangun data centre skala besar berstandar internasional dengan sertifikasi tier 3 dan 4 yang diberi nama Telkom Hyperscale Data Center (HDC) berlokasi di area Bekasi.
Dirut Telkom didampingi Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko melakukan peletakan batu pertama atau ground breaking. Langkah penting ini dipandang sebagai podasi dalam menopang layanan digital kedepan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

9. BigBox

Desember 2020, Telkom memperkenalkan flatform bernama BigBox yang akan dijadikan solusi Big Data Analitik untuk mendukung program satu data Indonesia yang dicetuskan oleh pemerintah
Nantinya, BigBox akan digunakan untuk kalangan enterprise maupun B to B dari berbagai sektor pemerintah pusat dan daerah sebagai acuan untuk mencari insight serta mengambil keputusan yang lebih tepat melalui data.

10. Telkomsel

Menutup akhir tahun, Telkomsel sebagai salah satu operator seluler Indonesia resmi mendapatkan tambahan 10 Mhz di pita frekuensi 2,3 Ghz.

Penambahan ini nantinya akan digunakan untuk melanjutkan pengembangan 5G sekaligus mempekuat layanan 4g LTE yg telah dimiliki.

11. RUPST Telkom

RUPST Telkom tahun buku 2019 yang menyetujui pembagian dividen sebesar 15,26 triliun. Selain itu, peresmian tayangan perdana kanal berita berbahasa Inggris SEA Today oleh Menteri BUMN.

12. Oktober 2020

Telkom mengalihkan kepemilikan 6.050 menara telekomunikasi Telkomsel ke Mitratel. Menjadikan Telkom melalui anak usahanya tersebut sebagai perusahaan menara telekomunikasi terbesar di Indonesia.
Telkom juga melakukan investasi di Gojek sebesar USD150 juta.

13. November 2020

MDI ventures dan Finch Capital meluncurkan Arise Fund, yaitu badan investasi dengan fokus pendanaan awal pada startup teknologi Indonesia.

14. Pencapaian Telkom di masa pandemi

Menutup Kuartal III 2020, Telkom membukukan pendapatan konsolidasi revenue 99.94 triliun, ebitda meningkat 7,1% menjadi Rp53,59 triliun, net income tumbuh 1,3% menjadi Rp16,68 triliun.

Pencapaian ini tidak lepas dari kontribusi serta pencapaian dari kinerja baik dari lini bisnis maupun anak perusahaan telkom seperti Indihome sebagai salah satu mesin utama pertumbuhan pendapatan perseroan mencatat Rp16,1 triliun, selain itu Tekomsel entitas mencapai revenue Rp47,66 triliun.

Indihome tumbuh 752 ribu pelanggan mencapai total 7,76 juta, sedangkan pelanggan Telkomsel 170 juta.

15. September 2020

Telkom Indonesia berhasil membangun 166,343 km fiber optic yang terbentang dari Sabang sampai Merauke.

16. Sertifikat dan Award

  • Sertifikat ISO 37001:2016 standar sistem management anti penyuapan
  • Latofi CSR Nusantara award kategori peningkatan mutu pendidikan
  • Gold Excellence Award dan Excellence in CSR Strategy dari HR Excellence Award
  • Predikat Industry Leader selama 4 tahun berturut-turut dalam ajang BUMN Performance Excellence Award.
  • Peringkat pertama dalam Indonesia's 100 most Valuable Brand 2020.
  • Best of the Best Award 2020 the Top 50 Companies for 2020 dari Forbes Indonesia
  • The Best State Owned Enterprise In Nation Building
  • Terpilih dalam Telecom Service Provider of the Year dalam ajang Frost & Sullivan Best Practices Award.

VIDEO Infinix Note 8 Review, Bodi Kayak Flagship

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article