home ×
Telco

Kaleidoskop 2020: Persaingan Baru Operator, Layanan Digital yang Menjamur

14 December 2020 By
Kaleidoskop 2020: Persaingan Baru Operator, Layanan Digital yang Menjamur
Share
Share
Share
Share

Foto: dok. Telkomsel

Uzone.id -- Rasanya wajar apabila generasi muda menjadi target utama bagi pengembangan inovasi yang berbau teknologi dan internet. Para perusahaan penyedia operator seluler di Indonesia pun berupaya untuk menyediakan layanan digital baru yang mayoritas mewarnai sepanjang tahun 2020 ini.

Pengguna internet di Indonesia berdasarkan hasil riset Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dari 2019 sampai kuartal kedua 2020 mencapai 196.714.070 orang, di mana mayoritas pengaksesnya berada di rentang usia 18-34 tahun. Tandanya, pengguna layanan data di Indonesia memang berasal dari anak-anak muda.

Tampaknya hal tersebut yang berusaha diserap oleh para perusahaan telekomunikasi seperti Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, dan Smartfren melalui layanan digital yang mereka hadirkan.

Baca juga: Membandingkan Harga by.U Telkomsel, Live.On XL, Switch Smarfren dan MPWR Indosat

Telkomsel memiliki layanan bernama by.U, XL punya Live.On, layanan Smartfren diberi nama Switch Mobile, dan yang terbaru MPWR dari indosat.

Beberapa waktu lalu, Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan, dengan adanya layanan digital seperti ini persaingan industri telekomunikasi menjadi sangat ketat.

“Ini bagus untuk membantu dan memacu kami dalam meningkatkan layanan dan inovasi baru lain demi memenuhi kebutuhan pelanggan,” katanya kepada Uzone.id.

Senada, Vice President by.U Telkomsel Trio Lumbantoruan turut mengatakan kalau layanan digital dari operator seluler pada akhirnya hadir untuk melengkapi kebutuhan konsumen, terutama generasi muda.

“Hal ini demi adanya diversifikasi produk dan pengembangan fitur agar lebih banyak memenuhi kebutuhan dan preferensi generasi Y dan Z,” kata Trio.

Baca juga: Layanan Telko Digital Bermunculan, Bagaimana Operator Bersaing?

Yang jelas, keempat layanan digital ini menyuguhkan SIM card baru di mana nomor dan paket datanya dapat dipilih sesuai kemauan si pengguna. Yang membedakan layanan digital ini dengan seluler konvensional adalah terletak di aplikasi.

Yup, keempat operator seluler ini menyediakan aplikasi terpisah bagi konsumen yang ingin mengatur pengelolaan masing-masing layanan, bukan digabung dengan aplikasi utama seperti myTelkomsel, myXL, dan lainnya.

Berikut ringkasan tiap layanan digital dari masing-masing operator.

1. by.U Telkomsel
Dari keempat layanan tersebut, by.U dari Telkomsel adalah yang pertama diluncurkan, yakni pada 10 Oktober 2019. Siapa yang tahu, ternyata layanan ini seperti menginspirasi operator lain untuk merilis layanan serupa sepanjang 2020.

Telkomsel memberikan banyak pilihan paket data di dalam by.U, dengan rentang harga paling murah berkisar di Rp10 ribu sampai Rp140 ribu, tergantung kecepatan dan jumlah kuota yang dipilih.

2. Switch Mobile Smartfren
Switch Mobile diperkenalkan Smartfren pada pertengahan Maret 2020, menjadi layanan digital kedua yang muncul di pasar Indonesia.

Sama seperti by.U, Switch menawarkan beberapa jenis paket data sesuai kebutuhan dan dapat ditambahkan dengan ragam add-on.

3. Live.On XL
XL memperkenalkan Live.On pada pertengahan Agustus 2020 lengkap dengan aplikasi digitalnya yang dapat langsung diunduh.

Live.On menyajikan dua paket utama yang memiliki kuota berbeda dengan banderol mulai dari Rp69 ribu.

4. MPWR Indosat
Meski konsumen sudah bisa menikmati MPWR sejak Oktober lalu, Indosat baru merilis layanan ini secara resmi pada 1 Desember 2020. Karena baru dirilis, MPWR memberikan gratis paket internet selama 3 bulan bagi 100.000 pengguna baru di Desember ini.

Sejauh ini, konsumen bisa menikmati tiga jenis paket utama dari MPWR dari harga Rp50 ribu hingga Rp100 ribu.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id