icon-category Gadget

Kaleidoskop 2021: Perebutan Tahta di Pasar Smartphone Indonesia

  • 28 Dec 2021 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Samsung Galaxy Z Flip (Daniel Romero/Unsplash)

    Uzone.id - Selama tahun 2021, ponsel-ponsel dari produsen China masih menjadi primadona di Indonesia. Xiaomi, vivo, realme, OPPO serta Samsung juga saling menyalip menjadi ‘penguasa’ di pasar ponsel pintar Indonesia. 

    Di tahun ini, Xiaomi dan OPPO bergantian menjadi raja di pasar smartphone Indonesia selama 3 kuartal terakhir.

    Di kuartal pertama 2021, menurut data Canalys OPPO berada di posisi pertama untuk pasar ponsel di Indonesia dengan market share sebesar 24 persen. Sementara di posisi kedua ada Samsung dengan market share sebesar 19 persen.

    Vivo berada di posisi ketiga di Q1 2021 dengan 19 persen, lalu ada Xiaomi di urutan ke 4 (18 persen) dan terakhir ada Realme dengan market share 12 persen.

    Selanjutnya, posisi OPPO sebagai penguasa smartphone di Indonesia digeser oleh Xiaomi di kuartal kedua 2021. 

    Hal ini berdasarkan laporan dari IDC yang menyebutkan jika pada periode Q2, Xiaomi menjadi pemimpin pasar, diikuti oleh OPPO, vivo, Samsung dan realme.

    Baca juga: Q2 2021, Xiaomi Pimpin 5 Besar Vendor Smartphone di Indonesia

    Dalam grafis yang dibagikan, Xiaomi berhasil meraih pangsa pasar sebesar 25 persen lebih. Produk Xiaomi seperti Redmi 9A dan Redmi 9C menjadi ponsel yang populer di Indonesia. 

    Posisi selanjutnya diikuti oleh OPPO dengan 20 persen. Meski turun tahta, OPPO masih menjadi pemimpin di kelas ponsel bawah di Indonesia.

    Menurut catatan IDC, pada Q2 2021 pasar smartphone Indonesia mengalami pertumbuhan sebesar 49 persen dibanding periode yang sama di tahun lalu. Pengiriman smartphone di Indonesia pada kuartal ini juga naik sekitar 10 persen dengan total sebesar 10,6 juta unit di periode ini.

    Xiaomi dan OPPO saling menyalip di dua kuartal terakhir. Namun di Q3 2021, dominasi OPPO kembali menempatkannya ke posisi pertama dengan market share mencapai 20 persen lebih, menurut laporan IDC terbaru.

    Setelah menjadi jawara di kuartal kedua tahun ini, Xiaomi justru terjun ke posisi ketiga di kuartal ketiga dengan besaran market share lebih dari 15 persen. Posisi kedua ditempati oleh vivo dengan pangsa pasar mencapai 20 persen.

    Baca juga: Deretan Harga Terbaru Ponsel OPPO, Desember 2021

    Di posisi keempat ada Samsung dengan pangsa pasar sebanyak 15 persen dan terakhir ada realme dengan pangsa pasar sekitar 10 persen lebih.

    Menurunnya Xiaomi ke posisi tiga diduga karena adanya kendala pada pasokan chip di tengah kondisi persaingan yang semakin ketat.

    Jumlah total pengiriman di Indonesia juga menurun di kuartal ini sebanyak 12,4 persen dibanding periode yang sama di tahun 2020. Kisaran pengiriman berada di angka 9,2 juta unit, dampak dari pandemi COVID-19 menjadi salah satu alasan penurunan angka tersebut.

    Dicatat dari laporan IDC, gelombang kedua COVID-19 yang memuncak di bulan Juli lalu berdampak pada sejumlah aspek bisnis smartphone, salah satunya pasokan dan harga komponen, begitupun pasokan perangkat di periode Juli hingga September tahun ini.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini