home ×
Digilife

Kalian Pakai Zoom? Hati-hati, Privasi Data Bisa Terancam

27 March 2020 By
Kalian Pakai Zoom? Hati-hati, Privasi Data Bisa Terancam
Uzone

Uzone.id - Aplikasi Zoom tengah populer saat sejumlah negara menerapkan kebijakan kerja dari rumah. Tapi kalian mesti lebih teliti sebelum memakainya.

Menurut organisasi nirlaba Consumerreport.org, Zoom mengumpulkan sejumlah data penggunanya tanpa memberi informasi lengkap untuk apa mereka kumpulkan, seperti apa penggunanya nanti, begitu juga soal keamanan data yang masih dipertanyakan.

Di laman kebijakan privasi Zoom yang dikunjungi uzone.id, Kamis (26/3), tertera bahwa Zoom memang mengumpulkan sejumlah data penting seperti, alamat email, alamat rumah, kartu kredit atau debit, dan berbagai informasi pribadi lainnya.

Selain itu Zoom juga menuliskan bahwa mereka merekam semua kegiatan pengguna yang saat itu mengaktifkan fungsi Record Meeting. Bukan cuma data video, tapi juga informasi lain yang punya oleh inisiator meeting dan para perserta lainnya.

Masih menurut Consumerreport.org, data yang direkam Zoom juga mereka simpan tanpa ada kejelasan penggunaanya. Entah itu buat pengiklan atau kepentingan riset. "Mereka haru segera meperbarui kebijakannya," tulis lembaga itu.

(Sederet data yang dikumpulkan Zoom) 

 

Saat ini Zoom memang menjadi aplikasi yang cukup populer. Gratis dan mudah digunakan oleh siapa saja. Layannya juga cukup bagus kalau hanya untuk dipakai beberapa orang saja.

Namun tak banyak yang tahu kalau Zoom sebenarnya sering tersandung masalah, umumnya soal keamanan data.

Australia Financial Review pernah mengulas, dalam setahun terakhir Zoom mendapatkan banyak masalah keamanan. Mulai dari hacker yang dapat dengan mudahnya menyusup ke dalam konfrensi, mengaktifkan panggilan pada Mac tanpa diketahui penggunanya, dan celakanya lagi mereka menolak untuk memperbaikki celah yang amat mendasar itu.

Jadi, kalau sekarang kalian baru pakai Zoom, berhati-hatilah. Bisa jadi data kalian direkam dan dimanfaatkan tanpa sepengetahuan. Atau kalian bisa pakai aplikasi lainnya seperti di bawah ini.

Baca juga: Kerja dari Rumah? Ini Aplikasi Video Call yang Cocok untuk Meeting

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Miskin aman 28 March 2020 | 09:45:58

kalau saya sih tidak pernah pakai aplikasinya

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article