icon-category Gadget

Kamera 108 MP Samsung Galaxy M54 5G yang Overkill

  • 24 Dec 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Samsung Galaxy M54 5G memang sangat menggoda. Bagaimana tidak? Ponsel yang dijual dengan Rp 6,499,000 ini punya spesifikasi yang menarik. Baterai 6.000 mAh, kamera 108 MP, layar AMOLED 6,7 inch dan SoC Exynos 1380 yang cukup kencang.

Baterai yang besar memang sudah menjadi seri M di jajaran Samsung Galaxy, namun kamera yang juga besar bisa dibilang sesuatu yang baru dalam seri ini.

Kamera utama Samsung Galaxy M54 5G ada tiga, kamera utama 108 MP dengan bukaan f/1.8 (wide) yang mendukung PDAF dan OIS. Lalu ada kamera ultra wide 8 MP F/2.2 dan bonus kamera macro 2 MP.

alt-img

Sedangkan kamera depan berada dalam punch hole yang biasa disebut Samsung sebagai Infinity O Display, dengan resolusi 32 MP pada bukaan f/2.2 dengan sudut pengambilan gambar hingga 26mm. Terbilang cukup lebar, sehingga masih enak untuk melakukan foto grup.

alt-img

Soal kualitas foto tidak perlu diragukan lagi. Saat dipakai di luar ruangan yang penuh cahaya, Samsung Galaxy M54 5G secara default sudah bisa menghasilkan gambar yang baik. Untuk mode Portrait, terpian bokehnya cukup menawan dengan potongan yang presisi. Memang kadang ada sedikit tepian yang meleset di bagian rambut, cuma kondisi ini jarang sekali terjadi.

Paling enak justru kamera 108 MP yang ada pada ponsel ini.  Secara default ketika kalian membuka kamera pada Samsung Galaxy M54 5G maka ponsel akan menggunakan lensa 12 MP dengan teknologi pixel binning, tapi kalian bisa menggunakan opsi 108 MP melalui menu yang ada. 

Perlu diketahui bahwa menggunakan lensa 108 MP akan memakan lebih banyak storage di ponsel kalian, maka sebaiknya perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya ketika ingin menjepret pemandangan alam, memotret wajah atau skenario lainnya yang membutuhkan detail yang tinggi.

alt-img 

Kamera Samsung Galaxy M54 5G juga bisa memotret HDR dengan baik. Buktinya foto di atas. Foto tersebut diambil melalui lensa utama saat Matahari mulai terbenam. Foto diambil dalam mode otomatis tanpa mengubah konfigurasi apa pun, dan seperti itulah hasilnya.

alt-img

Foto kedua diambil dalam mode 108 MP. Foto dalam kondisi seperti ini memang butuh pixel yang lebih banyak untuk menghasilkan detail yang lebih baik saat diperlukan proses cropping atau sebagainya.

Lalu bagaimana untuk kondisi low light? Di dalam kondisi seperti ini performa kamera pada ponsel benar-benar diuji. Biasanya, foto dari ponsel akan memiliki banyak sekali noise yang mengganggu. 

Hal itu tidak terjadi di Samsung Galaxy M54 5G. Di beberapa kondisi yang cahayanya rendah, kamera ponsel masih bisa mengatasinya dengan baik. Hasil gambar jauh dari kesan berbintik akibat noise tinggi. Pun begitu jika kondisi benar-benar temaram, maka kalian bisa menggunakan mode malam untuk meringkus gambar dengan shutter speed yang rendah.

alt-img

Selain mode malam, kamera pada Samsung Galaxy M54 5G punya beberapa opsi lain yang tak kalah seru sebut saja Pro Mode untuk Photo dan Video, Single Take, Night Mode, Food Mode, Panorama, Super Slow-mo, Slow Motion, Hyperlapse, Portrait Mode, dan FUN. Untuk mode terakhir ini diperlukan koneksi internet biar bisa bekerja maksimal. 

Secara umum kemampuan kamera Samsung Galaxy M54 5G tergolong baik, bahkan bisa disebut agak berlebihan untuk ponsel di kelasnya. Resolusi yang besar, gambar yang tajam, dan mode foto yang beragam membuatnya sulit ditandingi oleh ponsel sejenis. Belum lagi bicara soal kelebihan lain dari ponsel ini.

Samsung Galaxy M54 5G sejatinya sebuah ponsel yang dibuat dengan daya tahan baterai yang baik. Dengan kapasitas 6.000 mAh ponsel ini bisa dibilang sebagai ‘musuhny’a power bank. Layar besar dengan kualitas tajam juga menjadi salah satu hal yang menarik dari ponsel ini. 

 

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini