icon-category Technology

Kamera Galaxy A80 Bisa Berputar, Apa Gak Cepat Rusak?

  • 18 Jul 2019 WIB
  • Bagikan :

    (Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina)

    Uzone.id -- Salah satu yang dinantikan dari peluncuran Galaxy A80 sudah pasti menjajal kameranya yang berkonsep pop-up dan bisa berotasi ke arah depan. Seberapa kuat sih kira-kira?

    Mungkin konsep kamera pada Galaxy A80 menjadi siasat Samsung agar berbeda dari ponsel-ponsel Android lainnya yang sudah lebih dulu mengusung pop-up. Namun, tujuannya tetap sama: menghadirkan layar penuh tanpa notch.

    Agar lebih tampil beda dan lebih berkelas dan inovatif, keluarlah ide bahwa tak ada lagi kamera depan dan belakang pada Galaxy A80. Hasilnya, modul kamera Galaxy A80 hanya ada satu saja.

    Mekanismenya sama seperti ponsel pop-up pada umumnya, di mana modul kamera mencuat naik ke atas. Bedanya… komponen kameranya berputar ke arah depan jika pengguna mengaktifkan kamera depan.

    Baca juga: 6 Fitur yang Jadi Pertimbangan Sebelum Beli Galaxy A80

    Memang sih, proses berputarnya kamera Galaxy A80 berjalan sangat cepat, gak sampai 2 detik. Selama Uzone.id coba dalam kurun waktu dua jam, tak ada kendala sama sekali seperti macet atau lag.

    Dari desain, Galaxy A80 memang stylish banget, apalagi Samsung berhasil merakit sedemikian rupa agar kameranya super tipis. Lantas, apa tidak ringkih gitu ya dengan kemampuannya yang bisa berputar-putar?

    “Kita punya panduan produksi, jadi pasti akan ada tes atau uji coba dulu gitu terhadap si produknya ini. Hal ini tentu saja dilakukan sebelum produksi massal untuk semua aspek, gak cuma kamera aja tapi juga baterai,” ucap Irfan Rinaldi selaku Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia kepada beberapa awak media saat ditemui di Jakarta Selatan usai peluncuran produk, Rabu (17/7).

    Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina

     

    Kurang lebih, Irfan menekankan bahwa sebelum benar-benar diproduksi secara massal, quality control di pabrik Samsung sangat diperhatikan untuk memperhatikan kualitas dan ketahanan produk.

    “Untuk kamera, kita sudah melakukan uji coba naik-turun berkali-kali di pabrik,” sambungnya.

    Meski tidak menyebutkan secara rinci mengenai detail seberapa kuat kamera Galaxy A80 seperti perkiraan usia awetnya dan standar penggunaan harian, minimal Irfan mengindikasikan kalau pemakaian super sering dalam sehari seharusnya tetap baik-baik aja.

    “Selfie 100 kali sehari? Cobain aja, harusnya gak masalah,” ucapnya sembari tertawa.

    Baca juga: Kenapa Gak Ada Lubang Earphone di Galaxy A80?

    Sementara itu bagaimana kalau ponsel gak sengaja jatuh atau tertahan objek lain yang membuat kamera gak bisa pop-up?

    Galaxy A80 diberi kemampuan mendeteksi jika kebetulan bagian atas ponsel sedang tertahan yang membuatnya gak bisa naik-turun.

    “Nanti akan pemberitahuan, agar pengguna make some room agar kameranya bisa naik dan berputar,” ucap Irfan sambil mendemokan pengaturannya.

    Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina

    Sementara kalau jatuh, Irfan hanya bisa memberi penjelasan kalau Galaxy A80 akan memberi notifikasi untuk retract, alias membatalkan permintaan pengguna untuk mengaktifkan kamera depan.

    Minimal, Samsung telah membekali pengguna dengan proteksi. Di dalam kotak kemasan Galaxy A80, Samsung membekali ponsel ini dengan protective cover agar menjaga ponsel tidak mudah tergores.

    “Desain kamera ini kan sedikit naik ya kalau diaktifkan front camera, nah kalau kondisinya lagi gak dimainkan, kameranya menghadap ke arah belakang dan tertutup oleh si cover ini. Jadi gak langsung kena goresan,” terangnya lagi.

    Spesifikasi lengkap Galaxy A80:

    Layar: 6,7 inci Full HD Super Amoled rasio 20:9

    Prosesor: Qualcomm Snapdragon 730G

    Kamera: 48MP + 8MP wide-angle + ToF

    RAM: 8GB

    ROM: 128GB

    Baterai: 3.700 mAh 25W fast-charging

    OS: Android 9.0 Pie

    Fitur lain: NFC, fingerprint in-display, surface speaker

    Warna: Phantom Black, Angel Gold, Ghost White

    Harga: Rp9,49 juta

    Ketersediaan: mulai 18 Juli 2019

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini