icon-category Music

Kangin Super Junior dan Rentetan Skandalnya dalam 10 Tahun Terakhir

  • 17 Jan 2019 WIB
  • Bagikan :

    Nama Kangin Super Junior kini mulai jarang terdengar di industri hiburan Korea Selatan. Pria bernama asli Kim Young Woon ini tak pernah lagi muncul, setelah terlibat dalam sederet kontroversi beberapa tahun lalu.

    Idola berusia 33 tahun ini mengawali kariernya sebagai selebriti dengan debut bersama Super Junior pada 6 November 2005 silam. Dua tahun kemudian SM Entertainment membentuk sub unit Super Junior, dan Kangin dimasukkan ke dalam Super Junior-T dan Super Junior-H.  

    Kariernya yang saat itu tengah berada di atas mulai goyah saat ia terlibat perkelahian. Kangin diamankan pihak berwajib lantaran terlibat sebuah perkelahian di sebuah bar, di Gangnam, Seoul, pada 16 September 2009.

    Dilansir Edaily SPN saat itu, seorang saksi mata mengatakan pada saat kejadian, ada dua orang pria asing yang menghampiri Kangin, ketika anggota Super Junior itu tengah bersama temannya di bar. Tak lama setelah itu, Kangin pun terlibat adu mulut dengan kedua pria tersebut.

    Tak ingin masalah semakin besar, Kangin pun memilih untuk meninggalkan bar. Namun kedua pria itu justru mengikutinya sehingga akhirnya terjadilah pertengkaran fisik yang melibatkan Kangin. 

    Akibat dari kejadian itu Kangin pun dikeluarkan dari jajaran model utama fashion show Andre Kim. Tak hanya itu, ia pun sempat menjalani masa hiatus setelah pihak SM Entertainment membatalkan semua jadwal aktivitas solonya. 

    Hanya berselang sebulan setelah kejadian tersebut, Kangin kembali terlibat masalah dan berurusan dengan pihak kepolisian. Kali ini dikarenakan ia menabrak sebuah taksi yang sedang parkir dan melarikan diri.

    Meski sempat kabur, ia akhirnya menyerahkan diri ke kantor polisi 6 jam setelah insiden tersebut terjadi. Bintang film 'The Cat Funeral' ini pun ketahuan memiliki residu alkohol sebesar 0,082 persen di dalam darahnya. Kangin pun dijatuhi denda sebesar 8 juta won, atau setara dengan Rp 101 juta, yang harus ia bayar kepada Pengadilan Distrik Pusat Seoul.

    Namun sanksi lebih besar didapatnya dari SM Entertainment. Kangin segera 'diistirahatkan' dari semua kegiatan, termasuk tidak boleh ikut dalam semua konser maupun pembuatan album Super Junior. 

    Sembari menjalani masa hiatusnya, Kangin pun memutuskan untuk menjalani wajib militer. Ia memilih untuk melayani negaranya sebagai tentara aktif pada 2 Juli 2010, dan ditempatkan dalam divisi militer ke-56. Kangin resmi menyelesaikan wajib militernya pada April 2012. 

    Usai menyelesaikan masa wajib militer, Kangin melangsungkan comeback bersama Super Junior lewat album 'Sexy, Free, and Single', yang dirilis pada Juli 2012. Itu menjadi awal Kangin untuk kembali aktif dan melanjutkan kariernya sebagai selebriti Korea Selatan. 

    Perlahan tapi pasti kehadirannya pun mulai diterima kembali oleh penggemar. Kangin pun terpilih sebagai pembawa acara dalam berbagai program TV serta digaet menjadi pemeran utama dalam film 'The Cat Funeral'. 

    Namun, sepertinya masalah yang pernah menimpanya tak membuatnya jera. April 2015, Kangin kembali dilaporkan ke pihak kepolisian atas tuduhan mangkir dari kewajiban hadir dalam sesi latihan wajib militer. 

    Setelah menyelesaikan wajib militernya, ia seharusnya masih menjalani kewajiban mengikuti sesi pelatihan militer selama 72 jam. Namun selama tiga tahun masa bebas tugasnya, ia dilaporkan tak pernah sekalipun ia hadir di pelatihan tersebut. 

    "Ada kelalaian karena jadwal dan alasan pribadi. Di masa depan, kami akan memastikan bahwa ini tidak akan pernah terjadi," ujar SM Entertainment saat meminta maaf terkait hal ini seperti dikutip dari Soompi.

    Meski sempat dikeluarkan dari acara 'Real Man', namun masalah ini sepertinya tidak terlalu mempengaruhi karier Kangin. Ia diketahui masih tetap aktif tampil dalam berbagai program acara di TV dan melanjutkan aktivitas timnya bersama Super Junior. 

    Sayang, kariernya yang perlahan mulai stabil kembali jatuh setelah Kangin lagi-lagi menyebabkan masalah. Seolah tak belajar dari kontroversi masa lalunya, ia pun kembali terlibat kasus tabrak lari pada Mei 2016.

    Dalam keadaan mabuk Kangin dikabarkan nekat mengendarai mobil Mercedes-Benz miliknya, hingga menabrak sebuah tiang lampu jalan di kawasan Sinsa-dong, Seoul. Setelah kejadian tersebut, pria kelahiran 17 Januari 1985 ini dilaporkan melarikan diri dan tidak bertanggung jawab.

    Tak berapa lama setelah polisi melakukan penyelidikan atas kejadian tersebut, Kangin menyerahkan diri ke kantor polisi. Dalam penyelidikan polisi, ia mengaku sebenarnya menyadari telah menabrak sesuatu.

    "Aku ingat menabrak sesuatu, tetapi aku tidak tahu itu adalah tiang lampu jalan," ujarnya seperti dikutip Soompi.

    Menurut polisi, pada saat kejadian darah Kangin mengandung konsentrasi alkohol sebesar 0,05 persen. Hal itu cukup untuk digunakan sebagai bukti menangguhkan surat izin mengemudinya. Bukan hanya surat izin mengemudi yang dicabut, Kangin juga diharuskan untuk membayar denda sebesar 7 juta Won (Rp 88 juta). 

    Kasus ini tentu saja berimbas pada kariernya di industri hiburan Korea. Berbagai program tayangan TV yang dibintanginya memutuskan tak lagi mengikutsertakan Kangin dari proses produksi. 

    "Kangin sangat menyesali tindakannya dan akan menghentikan semua jadwal kegiatannya di dunia hiburan. Ia akan meluangkan waktu untuk merefleksikan diri. Sekali lagi, kami dengan tulus meminta maaf karena membuat kalian khawatir," ujar pihak agensi kala itu.

    Rentetan skandal yang menimpa Kangin membuat penggemar Super Junior yang disebut ELF terbagi menjadi dua kubu. Penggemar yang berang dengan semua permasalahan yang disebabkan oleh Kangin pun membuat petisi meminta agar ia didepak dari Super Junior.

    Dalam petisi tersebut penggemar merasa perbuatan Kangin dapat merusak kegiatan Super Junior sebagai grup. Mereka juga merasa ada ketidakadilan, karena SM Entertainment tetap membiarkan Kangin beraktivitas di bawah nama Super Junior setelah melakukan banyak masalah.

    "Kami melihat semua permasalahan tersebut tidak menguntungkan citra dan karier Super Junior sama sekali. Sebaliknya, kami melihatnya sebagai tindakan yang hanya menyebabkan kerugian untuk Super Junior. Dari posisi kami sebagai penggemar yang mendukung Super Junior, meski kami tidak dapat membantu tetapi sepakat masalah ini akan sangat mempengaruhi citra Super Junior," ujar mereka.

    Namun ada juga penggemar yang tetap mendukung agar Kangin tetap berkarier bersama Super Junior. Meski mengaku kecewa dengan semua perbuatannya, namun mereka merasa terlalu berlebihan untuk mengeluarkan idolanya tersebut.

    Mereka juga merasa mengeluarkan Kangin dari Super Junior bukanlah cara yang tepat untuk menyelesaikan semua permasalahan yang telah diperbuatnya. Para penggemar yang berada dikubu ini bahkan membuat petisi tandingan yang diberi judul 'Kangin Stays' dan berhasil mendapatkan tandatangan dari lebih 4.000 orang.

    Namun Kangin lagi-lagi terlibat masalah. Ia dilaporkan melakukan tindakan kekerasan kepada kekasihnya pada November 2017. Polisi sempat menangkapnya karena diduga telah melakukan penyerangan kepada kekasihnya, saat berada di restoran di kawasan Gangnam. 

    Kangin ditangkap setelah salah satu pelayan restoran melaporkan kejadian tersebut kepada pihak kepolisian. Saksi mengatakan saat itu Kangin dalam keadaan mabuk dan menyerang kekasihnya.

    Namun Kangin dibebaskan karena kekasihnya tak ingin membawa permasalahan tersebut ke pihak kepolisian. Ia pun dibebaskan dengan peringatan harus berpisah dan menjaga jarak dari kekasihnya tersebut.

    Kembali menyebabkan masalah pada saat hiatus, benar-benar membuat penggemar Super Junior marah. Kali ini sebagian besar ELF pun setuju untuk meminta agensi mengeluarkan Kangin dari Super Junior. Perbuatannya dianggap telah mencoreng nama baik Super Junior dan hanya membawa dampak buruk bagi grup pelantun 'It's You' tersebut.

    Kini setelah sederet permasalahan yang disebabkannya selama 10 tahun terakhir, Kangin tak pernah lagi muncul di hadapan publik. Meski masih berstatus sebagai anggota Super Junior, tapi ia tidak lagi pernah terlibat dalam semua aktivitas yang dilakukan oleh timnya itu.

    Penggemar yang merindukannya biasanya hanya meninggalkan pesan dukungan di Instagram pribadinya, @kanginnim. Ia pun sering menyapa penggemarnya dengan mengunggah video dan foto berbagai objek seperti pemandangan dan anjing peliharaannya, tetapi tak pernah menampilkan wajahnya. Hingga kini belum diketahui kapan tepatnya Kangin akan kembali ke dunia hiburan. 

    Tags : super junior K-Pop 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini