home ×
Technology

Kapan Oppo Rilis Ponsel Berkamera ‘Ngumpet’ di Bawah Layar?

29 June 2019 By
Kapan Oppo Rilis Ponsel Berkamera ‘Ngumpet’ di Bawah Layar?
Share
Share
Share
Share

(dok. Oppo)

Uzone.id -- Oppo tampak sedang bersemangat melakukan eksperimen teknologi kamera. Setelah memperkenalkan pop-up camera dan 10x Zoom, Oppo mencicipi teknologi under-screen camera.

Sekilas terdengar muluk-muluk atau terlalu berfantasi layaknya film-film Hollywood, tapi nyatanya Oppo berhasil membawa teknologi ini secara nyata.

Melalui acara MWC Shanghai 2019, Oppo memamerkan perangkat purwarupanya. Sesuai namanya, teknologi ini memungkinkan kamera depan diletakkan di bawah layar ponsel. Alih-alih pakai konsep pop-up, pivot rising camera, apalagi notch, Oppo ‘menyembunyikan’ kamera di bawah layar.

Lantas, kira-kira kapan ponsel Oppo dengan teknologi kamera seperti ini akan dirilis di Indonesia?

“Gak akan terburu-buru. Ini sama aja kayak kita menyempurnakan teknologi 10x Zoom. Awalnya kita kembangkan pada 2016 dengan 5x Zoom, lalu lama-lama ditingkatkan lagi sampai akhirnya sempurna dan bisa mencapai 10x Zoom,” ucap PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto saat berbincang dengan Uzone.id di kawasan Jakarta Barat, Kamis malam (27/6).

Baca juga: Goks, Kamera Depan Oppo 'Sembunyi' di Bawah Layar

Dengan kata lain, ponsel berkamera ‘ngumpet’ ini belum tentu akan dirilis dalam waktu dekat, khususnya tahun 2020.

“Gak sih, kayaknya gak mungkin tahun depan juga. Kita masih akan terus menyempurnakannya. Minimal kita tahu kalau teknologi ini bisa diterapkan, karena panel layar OLED yang mendukung. Ke depannya akan disempurnakan lagi supaya aspek teknis seperti penangkapan cahaya dan penambahan diafragma bisa didukung juga, serta fitur AI Beauty dan lain sebagainya,” lanjutnya.

Bagi Aryo, nyaris gak ada yang gak mungkin di industri teknologi. Sekarang keamanan seperti pemindai sidik jari saja sudah bisa dibenamkan di bawah layar. Maka, gak heran jika kamera pun menyusul.

Baca juga: Oppo Reno 10x Zoom Lebih Laris Ketimbang Find X

“Makin ke sini, konsumen itu mendambakan ponsel layar penuh. Kita eksperimen dengan pop-up camera dan sebagainya. Nah, teknologi ini ternyata feasible. Tinggal diotak-atik lagi aja supaya layak dirilis secara komersial,” kata Aryo.

Dari penjelasan Aryo, teknologi ini pada dasarnya menggunakan panel layar yang sama seperti layar untuk pemindai sidik jari in-display. Jika nantinya ponsel Oppo ingin menerapkan kamera ‘sembunyi’ sekaligus pemindai sidik jari di layar, maka akan ada dua lapisan layar yang digunakan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id