home ×
Technology

Karma, Drone Pertama Besutan GoPro

20 September 2016 By
Karma, Drone Pertama Besutan GoPro
Share
Share
Share
Share


Setelah dikabarkan melalui berbagai gosip, akhirnya GoPro secara resmi memperkenalkan drone pertamanya. Drone yang diberinama Karma ini akan hadir dalam 3 pilihan yang dijual mulai dari US$799 atau sekitar 10,5 juta rupiah.

Lebih ringkas dan bisa dilipat
gopro-karma-tas

Salah satu masalah yang dialami semua drone adalah ukurannya yang relatif besar sehingga agak menyusahkan saat dibawa-bawa. GoPro Karma memecahkan masalah tersebut dengan mengadopsi desain lipat yang lebih ringkas. Dalam kondisi terlipat, Karma hanya memiliki panjang sekitar 45cm. Ini berarti Anda tidak perlu lagi membeli tas khusus yang harganya mahal, hanya untuk membawa drone saat bepergian. Bahkan GoPro juga telah menyertakan tas khusus berukuran cukup mungil untuk membawa Karma.

Yang menarik, GoPro menempatkan gimbal 3 sumbu beserta kamera di depan. Ini berbeda dengan drone keluaran DJI yang menempatkan kamera di bagian bawah. Menurut GoPro, penempatan kamera di depan akan menjaga agar kamera tidak merekam rotor atau baling-baling Karma. Bagi yang masih awam akan drone, gimbal memiliki fungsi penting untuk menyetabilkan kamera sehingga hasil video atau foto yang diambil saat drone bergerak tetap tajam, mulus dan bebas efek guncangan.

gopro-karma-stick

Satu kejutan lagi, Anda bisa melepas gimbal 3 sumbu itu dan menggunakannya sebagai penyetabil yang dipegang tangan. Konsepnya mirip seperti DJI Osmo dan Osmo Mobile. Mount handheld ini juga memiliki baterai untuk memberi tenaga pada gimbal dan mengisi baterai GoPro.

Mudah diterbangkan
GoPro sengaja merancang Karma agar lebih mudah diterbangkan, terutama bagi pengguna drone pemula. Untuk itu, GoPro Karma memiliki modus terbang dan mendarat otomatis serta modus Easy Flight”. Bahkan ada juga beberapa fitur penerbangan yang melakukan beberapa aksi secara semi otomatis seperti berputar mengelilingi pengguna, zoom out ke pengguna sambil terbang ke atas, hingga pengaturan posisi kamera saat terbang.

GoPro telah menyertakan chip GPS ke dalam Karma dan pengendalinya untuk pemosisian yang akurat. Juga terdapat “passenger app” yang memungkinkan satu orang lagi untuk melihat tayangan video dari Karma dan mengendalikan posisi kameranya.

gopro-karma-remote

Unit pengendali (controller) Karma juga dirancang sederhana, dengan desain lipat yang mirip seperti Nintendo 3DS berukuran ekstra besar. Di bagian atas, terdapat LCD layar sentuh untuk mengatur setting, mengganti modus, serta melihat apa yang ditangkap kamera GoPro Karma.

Sedangkan di bagian bawah terdapat dua joystick untuk mengendalikan gerakan drone dan dua tombol untuk mengatur motor Karma dan mengaktifkan pendaratan otomatis. Di sisi bahu unit pengendali, juga terdapat tombol untuk merekam dan tombol putar untuk mengatur kamera.

Tiga paket pembelian
GoPro akan menjual Karma dalam tiga paket. Yang pertama, GoPro Karma tanpa kamera dijual seharga US$799 atau sekitar 10,5 juta rupiah. Yang kedua, paket Karma dan Hero 5 Black seharga US$1099 atau sekitar 14,5 juta rupiah. Sedangkan yang terakhir, paket Karma dan Hero 5 Session seharga US999 atau sekitar 13 juta rupiah.

Artikel GoPro Perkenalkan Drone Pertama, Karma, yang Dijual Mulai 10 Jutaan Rupiah pertama kali terbit di YANGCANGGIH.COM.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article