home ×
Startup

Kasus Kematian Covid-19 di RI Lebih Tinggi dari Global, Kamu Wajib Unduh PeduliLindungi

03 August 2020 By
Kasus Kematian Covid-19 di RI Lebih Tinggi dari Global, Kamu Wajib Unduh PeduliLindungi
Share
Share
Share
Share

Aplikasi PeduliLindungi (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

Uzone.idRasanya sulit untuk menghadapi kenyataan bahwa jumlah kasus virus corona jenis baru (Covid-19) di Indonesia sudah melampaui China. Bahkan jumlah kematian di Indonesia lebih tinggi ketimbang angka secara global.

Data yang dibeberkan pemerintah melalui situs resmi Gugus Tugas, per tanggal 3 Agustus 2020, warga di Indonesia yang dinyatakan positif sudah menembus angka 113.134 orang, sembuh 70.237 orang dan meninggal 5.302 orang. Jika di rerata, jumlah kematian mencapai 4,7 persen, lebih tinggi 0,8 persen dibanding fatality rate di seluruh dunia.

Hal ini disampaikan Jokowi saat rapat Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 3 Agustus 2020. Presiden pun meminta seluruh jajarannya untuk bekerja keras menekan angka kematian akibat Covid-19 ini.

Jika dibandingkan dengan fatality rate di seluruh dunia, data yang disampaikan Worldometers.info, warga dunia yang dinyatakan positif Covid-19 berjumlah 17.660.523 orang dengan jumlah kematian mencapai 680.894. 

Sayangnya, penekanan kasus Covid-19 tidak bisa dilakukan sendirian. Butuh kerja sama banyak pihak, termasuk semua masyarakat. Apalagi meskipun orang Indonesia sudah banyak terinfeksi Covid-19, mereka tidak bisa 100 persen berdiam diri di rumah. Ada kalanya keluar rumah untuk membeli kebutuhan pokok atau melakukan kegiatan penting lainnya yang tidak bisa dilakukan secara online.

Jika kamu terpaksa keluar rumah, tetap perhatikan protokol kesehatan dengan serius, termasuk jaga jarak minimal 1 meter dengan orang di lain dan sering cuci tangan pakai sabun atau cairan pembersih tangan (alcohol minimal 60%). Selain itu, kamu wajib unduh aplikasi PeduliLindungi yang sudah tersedia di iOS dan Android. Kenapa sih kamu harus unduh aplikasi tersebut?

Aplikasi PeduliLindungi dipakai oleh instansi pemerintah RI untuk kepentingan pelacakan dan penghentian penyebaran Covid-19 di wilayah RI. PeduliLindungi mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita Covid-19 bisa dilakukan. Bayangkan! Jika jumlah infeksi Covid-19 tidak ditekan, menurut data Satgas Covid-19, jumlah kasus positif di Indonesia diperkirakan akan mencapai angka 1 juta pada bulan Desember nanti.

Cara kerja PeduliLindungi

PeduliLindungi bekerja dalam kondisi bluetooth ponsel kamu aktif. Secara berkala, aplikasi ini akan melakukan identifikasi ponsel pengguna lain yang juga mengaktifkan PeduliLindungi pada radius bluetooth, dengan scanning bluetooth untuk merekam lokasi dan waktu kontaknya.

Ponsel yang berdekatan kemudian akan saling merekam ID anonim masing-masing.

Data tersebut akan disimpan dalam waktu 14 hari. Sehingga, jika ada seseorang yang dinyatakan sakit oleh petugas kesehatan (bukan oleh aplikasi) dan diinputkan ke sistem database, amak sistem akan filter ID-ID anonim lain yang terekam pernah melakukan kontak dalam waktu 14 hari terakhir.

Kemudian, petugas kesehatan bisa menghubungi pengguna ponsel lain yang ada dalam riwayat kontak untuk mengingatkan risiko kontak yang pernah terjadi.

Informasi riwayat kontak ini akan dipakai untuk melakukan tracing saat salah satu dari pengguna dinyatakan positif Covid-19.

Hasil tracing ini akan memudahkan pemerintah untuk mengidentifikasi siapa saja yang perlu mendapatkan penanganan lebih lanjut agar penyebaran Covid-19 bisa dibendung.

Pola kerja PeduliLindungi sangat bermanfaat untuk bisa mendata siapa berada di dekat siapa, dan siapa berada di zona apa. PeduliLindungi bisa memberikan notifikasi kepada kita untuk melakukan pencegahan dini agar terhindar dari Covid-19. Maka dari itu, dibutuhkan partisipasi semua orang untuk mendownload dan mengaktifkan bluetooth-nya. 

Berikut cara unduh aplikasi PeduliLindungi

  1. Isi nama dan nomor ponsel kamu
  2. Kemudian, kamu akan mendapat kode OTP lewat SMS sebagai kode keamaan data
  3. Kamu diminta persetujuan untuk mengambil data nomor ponsel agar kamu bisa dihubungi jika ditemukan riwayat kontak di sekitar kamu yang terinveksi Covid-19. 
  4. Selanjutnya, aplikasi akan meminta izin akses Bluetooth dan mengaktifkan mode Power Sharing
  5. Agar PeduliLindungi bekerja efektif, pastikan aplikasi ini selalu aktif saat kamu keluar rumah.

Jika semua orang di Indonesia memiliki dan mengaktifkan bluetooth untuk PeduliLindungi maka sama saja kita memiliki asisten virtual untuk peringatan dini menghindari Covid-19. Sekali lagi, tidak hanya menginstal PeduliLindungi tapi juga bluetooth harus diaktifkan agar aplikasi ini bisa menjaga kita dengan maksimal.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

2 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Orang biasa 19 August 2020 | 00:35:19

covid-19 sekang sudah meluas di indonesia dan masyarakat kurang teliti menanggapi kasus ini

Andar str 08 August 2020 | 20:38:07

Ayo donk buat masyarakat Indonesia harus sadar akan pentingnya protokol kesehatan

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article