icon-category Auto

Kasus Sama dengan Vietnam, Xpander yang Diekspor ke Filipina Kena Recall

  • 09 Dec 2019 WIB
  • Bagikan :

    Mitsubishi Xpander (Foto: Uzone.id)


    Uzone.id - Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) Mitsubishi Xpander produksi Indonesia resmi dijual di Filipina sejak bulan Mei 2018. Saat itu, Xpander dijual mulai harga 885.000 peso atau sekitar Rp 243,8 juta, hingga paling mahal 1.060.000 peso atau sekitar Rp 292 juta.

    Namun, ternyata Xpander yang diekspor ke Filipina itu punya masalah sama dengan Xpander yang diekspor ke Vietnam, yakni pada fuel pump atau pompa bahan bakar.

    Pada 6 Desember lalu, Mitsubishi Motors Philippines Corporation (MMPC) telah mengumumkan untuk me-recall atau menarik kembali unit Xpander yang dibeli dari Mei 2018 hingga 22 Oktober 2019.

    Baca juga: Harga Mitsubishi Xpander Naik Lagi Jelang Kenaikan BBN

    MMPC mendesak pemilik mobil untuk membawa Xpander ke bengkel resmi untuk diganti fuel pump yang bermasalah. Seluruh prosedur dikatakan memakan waktu sekitar 1,5 jam, tergantung pada ketersediaan rongga servis dan pompa bahan bakar pengganti.

    Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura mengatakan bahwa dirinya sudah mengetahui recall Xpander di Filipina.

    Namun, untuk Xpander yang mengaspal Indonesia, kata Nakamura, sejauh ini masih mengawasi.

    Bila ada masalah terhadap Xpander di Indonesia, pihaknya akan langsung melakukan sesuatu.

    Baca juga: Pilot Garuda yang Bawa Harley Ilegal Ternyata Suami Iis Dahlia

    "Saya katakan kepada konsumen Mitsubishi bila punya kekhawatiran soal itu silahkan hubungi diler," tutur Nakamura ditemui di acara pameran Mitsubishi di Summarecon Mall Serpong, Tangerang, Sabtu (7/12/2019).

    Belum bisa dipastikan apakah fuel pump Xpander yang dijual di Filipina sama dengan Xpander dijual di Indonesia. Direktur Penjualan dan Divisi Marketing MMKSI Michimasa Kono mengaku jika dirinya harus cek terlebih dahulu.

    "Saya tidak punya data spesifik dan informasi untuk (fuel pump Xpander) yang di Filipina," kata Kono.

    Mitsubishi Vietnam telah melakukan kampanye penarikan untuk Xpander produksi Indonesia pada awal Oktober 2019. Unit yang ditarik di Vietnam mencapai 14.051 unit. Masalah terjadi karena malfungsi dari sistem pompa bahan bakar. Baling-baling yang terbuat dari plastik mengembang hingga menggentikan pompa dan mesin tidak bisa dihidupkan.

    Pada Oktober lalu, Mitsubishi Motors Vietnam memutuskan recall 14.051 Xpander produksi Indonesia antara 14 Agustus 2018 hingga 26 Agustus 2019.

    Perusahaan otomotif asal Jepang itu menjelaskan kerusakan pada baling-baling plastik di bagian dalam pompa bahan bakar menyebabka baling-baling mengembang, dan hal itu bisa menghentikan pompa dari berputar, dan menyebankan mesin berhenti atau gagal saat start.

     

    VIDEO A Day With Baleno

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini