icon-category Digilife

Kata Bucin Jadi Tren Sepanjang 2019, Dari Mana Sih Asalnya?

  • 12 Dec 2019 WIB
  • Bagikan :

    (kiri: Andovi dan Jovial da Lopez hadir di acara Google Year In Search 2019. Foto: dok. Google)

    Uzone.id -- “Bucin banget loe!” ujar seseorang kepada temannya. Lalu temannya itu langsung merasa terhina karena udah diledek bucin. Ada sebenarnya di balik kata bucin? Apa kalian cuma ikut-ikutan tren doang?

    Bucin yang netizen ketahui berasal dari kata Budak Cinta. Namanya juga orang Indonesia, suka banget bikin singkatan-singkatan gitu. Begitupun dengan tren di internet, suka banget menyumbang keramaian di jagat maya sampai bikin sesuatu itu jadi tren.

    Saking viralnya kata “bucin”, Google Indonesia mengesahkan kalau bucin itu termasuk ke dalam salah satu kata yang paling trending di Tanah Air pada 2019. 

    Lantas, dari mana sih asal kata bucin? Gak mungkin dong ujug-ujug muncul tanpa ada yang memulainya?

    Baca juga: "Bucin" Sampai "KKN Desa Penari" Jadi Kata yang Paling Sering Digoogling Netizen

    Bagi yang belum tahu, bucin pertama kali dipopulerkan oleh kakak-beradik Andovi da Lopez dan Jovial da Lopez, pemilik channel YouTube SkinnyIndonesian24. Kalau kalian doyan mengikuti dunia per-YouTuber-an Indonesia, harusnya gak asing dengar nama mereka.

    Yup, mereka adalah pencetus kata bucin yang kini sering terselip di percakapan sehari-hari.

    Uniknya, mereka mengaku telah menciptakan kata bucin sejak 2015. Namun, baru viralnya sekarang.

    “Kita itu kalau bikin video, selalu berdasarkan keresahan yang terjadi di kehidupan sehari-hari, bukan karena ada sesuatu yang lagi ngetren atau viral gitu. Awal bikin kata bucin karena pengalaman pribadi,” ungkap Jovi di acara Google Year In Search 2019 di Jakarta.

    Kemudian Andovi nyamber, “dulu nih gaes, Jovi itu bucin banget! Hidupnya isinya cuma pacaran mulu. Udah gitu kalau udah pacaran, bener-bener kayak dedikasi banget. Bayangin aja, dia lagi di Bintaro, bisa-bisanya bela-belain ke minimarket di Kuningan cuma karena pacar.”

    Baca juga: Ketika Netizen Serahkan Semuanya ke Mbah Google

    Gara-gara kebiasaan Jovi yang bagai “budak cinta” inilah mereka tercetus untuk bikin video berjudul “BUCIN” pada 7 Juli 2015.

    “Jadi pada intinya, Bucin itu memiliki arti di mana ada orang mengutamakan cintanya ke pada si pasangan di atas segala-galanya gitu. Hal ini yang kita tunjukan di dalam video itu, tentu saja dengan konten dan pesan yang dekat di hati orang-orang,” lanjut Andovi.

    Meski video tersebut dibikin 4 tahun lalu, kata bucin baru benar-benar populer di tahun 2019 ini.

    “Mungkin karena mendadak dicari dan jadi populer di tahun ini videonya, related banget mungkin ya di tahun ini, jadilah trennya di tahun ini. Kaget banget sih sebenarnya, gak nyangka aja karena bucin udah dari lama kita bikin,” imbuh Jovi.

    Bucin masuk ke dalam jajaran 10 besar kata yang paling dicari di Google Search 2019 untuk kategori “Apa Itu”, bersama dengan kata-kata ‘ajaib’ lainnya seperti “ferguso”, “santuy”, hingga “halu”.

    Tak cuma itu, bucin bahkan masuk 10 pencarian teratas Google Search sepanjang tahun 2019. Berikut urutannya:

    1. “Cinta Luar Biasa”
    2. “Pilpres 2019”
    3. “Dua Garis Biru”
    4. “Hidup sehat”
    5. “Bucin”
    6. “KKN desa penari”
    7. “Telur gulung”
    8. “Keluarga Cemara”
    9. “Nadiem Makarim”
    10. “RUU KUHP”

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini