icon-category Digilife

Kata Siapa Siaran TV Digital Bayar? Simak 7 Manfaatnya

  • 05 Nov 2022 WIB
  • Bagikan :
    (Foto: Fran Jacquier - Unsplash)

    Uzone.id -Pemerintah sudah resmi mematikan siaran TV analog pada 2 November 2022 secara serentak di seluruh Indonesia, termasuk Jabodetabk. 

    Pemerintah lalu menggantikannya dengan Analog Switch Off (ASO) atau siaran TV digital.

    Meskipun masih ada kendala dalam siaran TV digital, seperti siaran dari stasisiun televisi tertentu tidak muncul di layar, namun ASO memiliki banyak manfaat bagi masyarakat, lembaga penyiaran maupun negara, seperti dijelaskan oleh Dirjen IKP Kementerian Komunikasi dan Informatika, Usman Kansong.

    BACA JUGA: TV Analog Mati, MNC Ngambek Sampai Mau Tuntut Pemerintah

    1. Dengan beralih ke TV Digital, masyarakat akan menikmati kualitas siaran TV yang lebih baik karena gambarnya lebih bersih, suaranya lebih jernih dan teknologi yang lebih canggih.

    2. Pilihan konten siaran bagi masyarakat juga akan menjadi semakin banyak dan beragam jenisnya, dan dapat dinikmati secara gratis.

    3. Siaran TV Digital bersifat free-to-air dan bukan TV berlangganan, jadi masyarakat tidak perlu berlangganan ataupun menggunakan kuota paket data internet.

    4. Bagi lembaga penyiaran, migrasi sistem analog ke digital akan membuat industri penyiaran menjadi lebih siap untuk bersaing di era konvergensi melalui adopsi teknologi baru dan pemanfaatan multi kanal siaran.

    BACA JUGA: Lho, Elon Musk Jadi PHK Massal Karyawan Twitter?

    5. Investasi juga akan lebih efisien dalam jangka panjang, sejalan dengan potensi pemanfaatan infrastruktur bersama di era TV digital.

    6. Peralihan siaran tv analog ke digital juga memberikan manfaat besar bagi negara. Dampak dari beralihnya sistem analog ke digital akan menghasilkan penggunaan spektrum frekuensi 700 MHz yang lebih efisien.

    7. Peralihan itu menghasilkan digital dividen pemanfaatan spektrum frekuensi radio yang dapat digunakan untuk mewujudkan internet cepat yang lebih merata, efek berganda di sektor ekonomi digital, dan memberikan tambahan pemasukan APBN dari sektor Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Selain itu juga akan terjadi potensi peningkatan PDB yang signifikan.

    Nah, bagaimana dengan siaran TV digital di daerah kamu?

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini