icon-category Auto

Kawasaki Ninja ZX250RR: Spidometer Full Digital, Pakai Knalpot Samping

  • 04 Oct 2022 WIB
Bagikan :
Kawasaki ZX250RR (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

Uzone.id - Kawasaki Motor Indonesia (KMI) sengaja menciptakan Kawasaki Ninja ZX25RR model 2023 sebagai kasta tertinggi dari jajaran ZX25R Series.

Model ini resmi diluncurkan di Indonesia untuk pasar global pada 1 Oktober 2022. Untuk unitnya bisa kamu dilihat di showroom KMI di Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat.

Sayangnya belum ada unit untuk test ride untuk ZX25R terbaru ini, namun setidaknya kami bisa informasikan apa saya perbedaan yang diberikan pada model terbaru.

BACA JUGA: Operasi Zebra 2022: Polisi Bagi-bagi Helm dan Sembako

Kawasaki ZX25RR (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

Perbedaan bisa terlihat dari model knalpot ZX25R 2023 pakai model side exhaust atau knalpot samping, sedangkan model lama pakai model underbelly atau knalpot kolong.

Knalpot baru ini pakai model standar Euro 4. Imbas pergantian knalpot juga membuat suara ZX25R terbaru diklaim lebih bulat dan terasa lebih kental aura big bike-nya.

Pembaruan juga terlihat dari lampu sein ZX25R 2023 pakai lampu sein LED, sedangkan model sebelumnya pakai bohlam.

Kawasaki ZX25RR (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

ZX25R masih memiliiki panjang 1.980 mm x tinggi 750 mm x lebar 1.110 mm dengan jarak poros roda 1.380 mm.

Untuk bobot ZX25R model 2023 terdapat perbedaan pada masing-masing varian. Pada varian standard punya bobot 180 kg, ABS SE bobotnya 182 kg, dan varian RR bobotnya 183 kg.

Kaki-kakinya masih terlihat berotot dengan membawa velg ukuran 17 inci dipasangkan dengan ban depan merek Dunlop ukuran 110/70 dan ban belakang pakai ukuran 150/60.

Rem depan pakai kaliper 4 piston merek Kawasaki dipasangkan dengan cakram depan 310 mm, dan di bagian rem belakang pakai kaliper single piston dengan ukuran cakram 220 mm.

Kemudian, pengereman depan dan belakang juga sudah pakai fitur keselamatan anti-lock brake system (ABS).

BACA JUGA: Avanza EV Atta Halilintar Libatkan Desainer Mobil Justin Bieber

Untuk varian ZX25RR, pada suspensi depan pakai model upside down merek Showa yang bisa disesuaikan kekerasannya. Kemudian suspensi belakang juga pakai merek Showa yang juga bisa disesuaikan kekerasannya.

Kawasaki ZX25RR (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

Di bagian fairing juga terlihat jelas tulisan ZX25RR yang membedakan dengan varian lainnya.  

ZX25R juga sudah mendapat peningkatan pada fitur spidometernya membawa TFT cluster full digital. Sehingga kesan jadul pada generasi ZX25R yang mengkombinasikan spidometer analog dengan digital sudah dihilangkan.  

Kawasaki ZX25RR (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

Untuk varian RR diberi kelebihan lain, yakni pada TFT cluster bisa terkoneksi ke smartphone dengan memanfaatkan aplikasi Rideology The App yang terdapat di Play Store.

Selain itu, ZX25RR diberikan warna eksklusif Lime Green/Ebony atau hijau yang diberi aksen warna hitam. Warna ini memang jadi ciri khas Kawasaki sendiri yang dikenal sebagai 'Geng Hijau'.

Mau tahu cara menggunakan Rideology The App pada Ninja ZX-25RR, ikuti saja langkat berikut ini:

  • Instal Rideology The App
  • Nyalakan Bluetooth pada handphone
  • Nyalakan Bluetooth pada sepeda motor Ninja ZX-25R
  • Connect, kemudian masukan pass key untuk pairing
  • Pada menu Tuning, terdapat beragam pengaturan pada tab “Kawasaki Riding Management”
  • Pada menu Vehicle Info, terdapat informasi sepeda motor Ninja ZX-25R yang terhubung
  • Menu General pada tab Tuning memungkinkan kamu untuk melakukan beragam pengaturan seperti pengaturan Shift Lamp dan lainnya
  • Rideology App memungkinkan pengaturan yang beragam tergantung pada model sepeda motor Kawasaki yang terhubung melalui smartphone kamu. 

Lalu, apakah ZX25R model 2023 ini diwajibkan minum bensin setara Pertamax Turbo?

Pihak sales Kawasaki di Jalan Abdul Muis mengatakan kepada kami bahwa sportbike ini masih bisa menggunakan bensin RON 92 atau setara Pertamax dan tidak akan menghanguskan garansi.

Menurutnya, garansi yang diberikan Kawasaki lebih ke area mesin. Jika sampai ada modifikasi pada mesin maka garansi pun akan hangus.

Di bagian mesin, ZX25R masih mengandalkan generasi sebelumnya, yakni dengan kapasitas 249.8 cc Inline 4 Cylinder, 4-Stroke, 16 Valves, Liquid Cooled DOHC yang bisa menyemburkan tenaga 49,34 hp.

Bagi yang berminat memboyong Ninja ZX250R, kamu bisa memberikan tanda jadi Rp5 juta dan motor ini pun akan dikirim ke rumah paling cepat Desember 2022 atau paling lambat Januari 2023 untuk varian standar dan ABS SE.

Berbeda jika kamu membeli ZX25R varian standard yang unitnya sudah ready.

Berikut ini harga ZX25R Series (OTR Jadetabek):

  • ZX25R STD - Rp105.000.000
  • ZX25R ABS SE - Rp123.500.000
  • ZX25RR - Rp129.900.000

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini