icon-category Auto

Kawasaki Recall Moge Ninja ZX-4RR, Kenapa Tuh?

  • 02 Aug 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Kawasaki Motors Corporation USA mengeluarkan safety recall untuk semua Ninja ZX-4RR KRT Edition 2023. Kampanye recall ini dilakukan karena terdapat kemungkinan kerusakan alternator yang berpotensi membuat mesinnya mati.

Jika mesin berhenti secara tiba-tiba, hal ini dapat meningkatkan risiko pengendara mengalami kecelakaan.

Dilansir dari RideApart, masalah ini disebabkan oleh pemasangan rotor alternator yang tidak tepat selama pembuatan di pabrik Kawasaki.

Kabarnya, terdapat 991 unit Kawasaki Ninja ZX-4RR di pasar Amerika Serikat (AS) yang terdampak kerusakan tersebut. Motor yang terindikasi terdampak kerusakan ini merupakan produksi antara 11 Januari 2023 dan 29 Maret 2023.

Adapun untuk nomor rangka yang terpengaruh berkisar dari ML5ZXCS11PDA00082 hingga ML5ZXCS10PDA01482.alt-img

Untuk beberapa masalah yang muncul dalam recall ini, mungkin terdapat tanda peringatan yang dapat memberi tahu pengendara mengenai masalah yang terjadi.

Sementara itu, Kawasaki menyebutkan sejauh ini belum ada tanda peringatan yang dilaporkan dari konsumen.

Namun jika dibiarkan, besar kemungkinan bagian rotor alternator dan poros engkol pada mesin Kawasaki Ninja ZX-4RR mengendur. Alternator kemudian dapat mengalami malfungsi, yang berpotensi menyebabkan mesin mati secara tiba-tiba.

Kawasaki AS juga telah mengeluarkan pemberitahuan Stop Sale Ninja ZX-4RR ke jaringan dealer nasionalnya pada 26 Juli 2023 kemarin. Perusahaan juga meminta pemilik Ninja ZX-4RR yang memenuhi syarat untuk mengunjungi dealer resmi Kawasaki agar dapat diperbaiki.

Raksasa hijau dari Jepang itu juga meminta maaf atas ketidaknyamanan kepada konsumen, dan dalam proses penanganan untuk memperbaiki masalah dengan cepat.

Kawasaki Ninja ZX-4RR merupakan produk motor sport 4-silinder 400 cc yang dijual secara global. Selain di pasar AS, moge entry level itu juga dijual di Indonesia beberapa bulan yang lalu.

Pertanyaannya, apakah Kawasaki Ninja ZX-4RR yang tersedia di Indonesia juga turut berdampak? Tunggu berita Uzone.id selanjutnya ya!

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini