home ×
Auto

Kebuasan Xpander AP4, Lupa Kalau Rally Pakai MPV Keluarga

15 April 2021 By
Kebuasan Xpander AP4, Lupa Kalau Rally Pakai MPV Keluarga
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Rifat Sungkar boleh dibilang cukup berhasil membuat kejutan yang menyenangkan, yakni sebuah MPV andalan Mitsubishi yang disulapnya jadi sebuah mobil rally yang digdaya.

Xpander AP4. Ya, ini pada dasarnya memang sebuah Xpander yang biasanya terkenal nyaman dan bisa mengankut 7 penumpang. Namun, ini bukan Xpander biasa.

Buktinya, menjadi pemenang di ajang Fortuna Nusantara Tropical Rally 2021 di Sirkuit Badak, Tanjung Lesung, Banten pada 10-11 April 2021.

Baca juga:Test Drive Hyundai Palisade, Mau Aspal Mau Tanah, Oke

Xpander yang di awaki Rifat Sungkar ini mendominasi hari pertama, Sabtu, 10 April 2021, dengan konsisten hingga akhir lomba dengan catatan waktu total 10 menit 8,2 detik, atau lebih unggul 11 detik atas pesaing mereka yang berada di posisi kedua.

Xpander AP4 dirancang sebagai mobil reli kelas AP4 yang populer di Selandia Baru dan Australia dengan regulator balap MotorSport New Zealand Inc dan Confederation of Australian Motor Sport.

Rally ini unik, karena aturan main AP4 bertujuan menghasilkan mobil balap 4WD yang dibangun lokal dengan biaya 'sangat terjangkau'. Salah satu regulasinya adalah harus menggunakan mobil produksi massal serta sebagian komponen seperti suspensi dan gearbox dibatasi.

Nah Rifat memanfaatkan momentum tersebut dengan mengandalkan Xpander yang menurutnya punya potensi. Salah satunya handling yang baik, karena rancangan kaki-kakinya mengadopsi Lancer.

Kemudian bobotnya. Ini penting karena menentukan power to weight ratio. Dan basisnya Xpander punya bobot 1.789 kg. Bobot ini sangat membantu untuk disesuaikan dengan regulasi AP4, yakni mewajibkan mobil punya bobot antara 1.230 kg hingga 1.300 kg.

“Bobot Xpander masuk kategori ini, kemudian yang lebih baik lagi ia punya weight balance yang baik,” kata Rifat di kanal Youtube-nya.

Rifat pun hanya tinggal memikirkan pemangkasan bobot. Salah satunya dengan mempreteli jeroan kabinnya dan hanya meninggalkan piranti yang punya fungsi saat balapan saja.

“Kaca mobil juga diganti dengan plexiglass agar lebih menyesuaikan peraturan kategori AP4,” tambah Rifat.

Kemudian mesinnya. Mengandalkan mesin 4B11 milik Mitsubishi Lancer EVO X berkapasitas 2.000cc yang diturunkan (destroke dan sleeved) menjadi 1.600cc, kemudian ditambahkan turbo.

Tenaganya gak main-main. Tembus 350 Hp dan bagian yang paling bikin Xpander ini jadi monster adalah torsinya yang mencapai 550 Nm hanya dengan mesin 1.600cc. Buasss!

Tenaga sebuas itu dan dengan bobot mobil hanya 1.300an kg, disalurkan ke empat roda lewat transmisi sekuensial Xtrac 6-percepatan, lengkap dengan diferensial dan gardan.

VIDEO Test Drive Hyundai Palisade:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article