Gadget

Kecanggihan Galaxy Watch4 Pakai WearOS, Kolaborasi Samsung dan Google

  • 20 August 2021
  • Bagikan :
    Kecanggihan Galaxy Watch4 Pakai WearOS, Kolaborasi Samsung dan Google

     

    Uzone.id - Samsung telah resmi memperkenalkan dua perangkat jam tangan pintarnya, Galaxy Watch4. Terdapat dua varian Galaxy Watch4, yakni versi biasa dan Classic. Yang menarik, keduanya dibekali dengan sistem operasi WearOS buatan Google yang dikostumisasi sedemikian rupa oleh Samsung.

    Menurut Product Marketing Manager Samsung Mobile, Taufiz Furqan, seri Galaxy Watch4 dirancang secara khusus dengan berbagai inovasi baru dari segi fungsi dan performa. Lewat prosesor yang lebih powerful, sistem operasi baru hasil kolaborasi dengan Google, tracker kebugaran yang semakin lengkap, kontrol jam yang lebih mudah, dan desain stylish.

    W_02_07 Fresh+Wise_02_galaxywatch4_green_pinkgold_galaxywatch4classic_black_silver_H

    "Kesibukan bukan lagi penghalang untuk mencapai target kesehatan, tetapi dapat berjalan beriringan. Selain itu bisa juga memeriksa dan membalas pesan dari jam, menjadwalkan meeting, lalu menutup hari dengan olahraga favorit, dan memonitor hasilnya dari waktu ke waktu, semua hanya dari pergelangan tangan," ujar Taufiq dalam pemaparannya secara virtual, Jumat, 20 Agustus 2021.

    Baca juga: Ini Perubahan Signifikan Pada Samsung Galaxy Z Flip3

    Dikatakannya, sistem operasi WearOS Powered by Samsung ini merupakan yang pertama kali diluncurkan di seri Galaxy Watch. Pengguna kini dapat memanfaatkan lebih banyak aplikasi untuk menunjang aktivitas sehari-hari yang lebih maksimal, seperti melakukan morning yoga sambil mendengarkan playlist favorit di Spotify, tracking self-challenge kilometer bersepeda Anda dengan Strava, sampai mencari jalan pulang dengan bantuan Google Maps apabila tersasar saat bersepeda.

    "Mendownload aplikasi juga bisa langsung dilakukan di smartwatch. Tak perlu lagi dari smartphone," kata Taufiq.

    Tidak kalah penting, seri Galaxy Watch4 memanfaatkan One UI Watch dengan tampilan yang lebih intuitif dan data syncing yang makin terintegrasi dengan ekosistem Galaxy. Sebagai contoh, dengan Camera Control terbaru, pengguna seri Galaxy Watch4 juga dapat melihat preview foto, mengontrol shutter dan menggunakan timer untuk kamera smartphone Galaxy sehingga lebih mudah untuk mengambil swafoto. Memeriksa status baterai atau mengubah setting Galaxy Buds2 yang sedang dikenakan pun dapat dilakukan dari Galaxy Watch4 tanpa harus membuka smartphone.

    Yang paling menarik adalah pemantauan kesehatan penggunanya makin mudah. Di dalamnya ada Samsung BioActive Sensor terbaru memungkinkan pengguna untuk memantau kesehatan dengan lebih lengkap, mulai dari pengecekan detak jantung, tekanan darah, kadar oksigen dalam darah, elektrokardiogram (EKG), dan untuk pertama kalinya mampu memantau komposisi tubuh seperti kadar air hingga lemak tubuh.

    Baca juga: Tren Ponsel Masa Depan Dimulai dari Fold dan Flip

    Tidak hanya saat berolahraga, seri Galaxy Watch4 juga membantu pemantauan kualitas tidur dengan peningkatan akurasi Sleep Scores dan deteksi dengkur (snores), sebagai referensi untuk mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. Dan bagi pengguna yang butuh penyemangat ekstra, Anda dapat menjalankan aktivitas olahraga pilihan dengan keluarga atau teman dengan menggunakan fitur Group Challenges di aplikasi Samsung Health yang hadir dengan berbagai pilihan olahraga. Dengan demikian, peserta Group Challenges dapat saling memotivasi agar semua dapat mencapai tubuh sehat yang diharapkan.

    Seri Galaxy Watch4 didukung prosesor 5nm Exynos W920 yang mengefisienkan processing time sehingga scrolling lebih mulus dan lancar, dilengkapi 16GB internal storage untuk menyimpan lebih banyak aplikasi dan mengunduh lagu favorit. Kapasitas baterainya pun siap menemani pengguna seharian dengan daya hingga 40 jam, dengan kemampuan untuk menambah daya hingga 10 jam dengan waktu charging 30 menit saja.

    Galaxy Watch4 dan Galaxy Watch4 Classic tersedia lewat pre-order di Indonesia hingga 29 Agustus 2021. Galaxy Watch4 hadir dalam ukuran 40mm dan 44mm pada harga Rp2.999.000 untuk versi 40mm dan Rp3.499.000 untuk versi 44mm. Varian 40mm tersedia dalam warna Black dan Pink Gold, sedangkan varian 44mm ditawarkan dalam warna Black, Silver, dan Green yang memukau.

    Galaxy Watch4 Classic juga tersedia mulai dari Rp4.499.000 untuk versi 42mm Bluetooth, Rp4.999.000 untuk versi 46mm Bluetooth, dan Rp5.999.000 untuk model LTE. Versi Bluetooth tersedia dalam varian warna Black dan Silver, sementara versi LTE dalam warna Black.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini