icon-category Auto

Kecanggihan Mobil Listrik TOGG Buatan Turki, Bisa Ungguli Tesla?

  • 29 Dec 2019 WIB
  • Bagikan :

    Mobil listrik TOGG model SUV

    Uzone.id - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sudah memamerkan prototipe pertama proyek mobil listrik buatan nasional merek TOGG pada Jumat (29/12/2019).

    Mobil listrik TOGG dirancang di studio Pininfarina, Italia. Dua prototipe mobil listrik diproduksi oleh Automobile Joint Venture Group atau TOGG, yang terdiri dari lima perusahaan dan organisasi berpayung bisnis.

    Satu prototipe merupakan sedan kommpak, sedangkan satunya lagi SUV segmen C (kompak) yang akan dijual pada 2022.

    Ada dua konfigurasi motor listrik, 200 hp atau 400 hp, menurut CEO TOGG, Gurcan Karakas.

    Versi baterai lebih besar diklaim mampu berakselerasi dari nol hingga 100 km / jam dalam 4,8 detik. Dengan jangkauan lebih dari 500 km.  Baterai bisa diisi ulang hingga 80% dalam waktu kurang dari 30 menit.

    Baca juga: Erdogan Pamer Mobil Listrik Pertama Buatan Turki

    Versi 200 hp dilengkapi penggerak roda belakang (RWD) dan satu motor elektronik, sedangkan model 400 hp mengandalkan mengandalkan motor elektronik pada roda depan (FWD) dan semua semua roda (AWD).

    Mobil yang baterainya kurang kuat akan membutuhkan 7,6 detik saat mencapai 100 km/jam dan punya jangkauan setidaknya 300 km. Namun, belum jelas model untuk yang mana. TOGG tidak mengatakan apakah spesifikasi hanya berlaku untuk SUV, sedan atau keduanya.

    Fasia depan model SUV sebenarnya berbagi desain dengan mobil lain yang dirancang Pininfarina, seperti crossover HKG K350 atau crossover VinFast buatan Vietnam.

    Sementara itu, sedan TOGG punya profil sederhana namun modern, seperti milik Tesla. SUV maupun sedan dilengkapi dengan flush door handles dan mirror cameras.

    Baca juga: Melihat Posisi Apotek Senopati, Memang Rawan Ditabrak Mobil

    Setelah diproduksi, SUV dan sedan menawarkan fitur otonom level 2 seperti Slow Traffic Pilot dan pada akhirnya akan naik ke level 3 dan seterusnya.

    Tapi itu belum semuanya. TOGG tidak hanya memanfaatkan kemajuan dalam teknologi 5G, namun juga akan menampilkan sesuatu yang disebut Holographich Assistant, sistem yang menggunakan algoritma pelacakan mata dan pencitraan 3D holografik untuk memberikan pengalaman yang futuristik terhadap pengemudi.

    Apakah ini berarti apakah mungkin pengemudi bisa melihat informasi pada layar tanpa mengalihkan pandangan ke jalan. TOGG sebenarnya ingin menjadi pembuat mobil pertama yang menawarkan teknologi on-board yang inovatif ini.

    Mobil listrik nasional Turki akan dibangun di pabrik baru di distrik Gemlik di provinsi Bursa. TOGG siap memproduksi hingga lima model pada tahun 2030.

     

    VIDEO Tes Suspensi Xpander Cross di Jalan Tol Layang Japek II

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Tags : togg turki erdogan 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini