home ×
Auto

Kecelakaan di Cipularang, Ini 5 Tips Tetap Fokus Saat Menyetir Jarak Jauh

03 September 2019 By
Kecelakaan di Cipularang, Ini 5 Tips Tetap Fokus Saat Menyetir Jarak Jauh
Share
Share
Share
Share

Baru saja terjadi peristiwa kecelakaan beruntun di Tol Cipularang yang menelan korban jiwa dan luka-luka, serta melibatkan 21 kendaraan. Kecelakaan diduga berawal dari truk terguling dan menutupi jalan.

Kecelakaan, terutama yang terjadi di jalan tol, umumnya terjadi akibat pengemudi kelelahan dan mengantuk akibat menyetir jarak jauh.

Lalu, bagaimana cara menjaga kondisi tetap prima saat menyetir pada jauh? Mengutip Sleeping Foundation, Senin (2/9/2019), ini 5 cara agar tetap waspada saat menyetir jarak jauh.

1. Kenali tanda saatnya harus menepi
Meski tidak mudah menebak kapan kita lelah saat mengemudi, beberapa tanda seperti sulit fokus, sering mengedip, dan kelopak mata berat jadi peringatan bahwa tubuh lelah dan saatnya Anda menepikan kendaraan di rest area.

Melamun, pikiran melayang, sulit mengingat kilometer, menguap berulang kali, melenceng dari jalur, merasa gelisah, dan mudah tersinggung juga tanda bahwa tubuh butuh istirahat, dan akan berbahaya jika Anda memaksakan terus menyetir.

2. Istirahat cukup sebelum melakukan perjalanan jauh
Optimalkan waktu tidur 7-8 jam sebelum berkendara. Bisa dilakukan dengan tidur siang sebelum mengemudi. Langkah ini dapat menebus kekurangan waktu beristirahat di malam hari, apabila menyetir saat hari sudah gelap.

3. Tidur di rest area
Jika sudah lelah di tengah perjalanan dan tak kuasa melanjutkan perjalanan, jangan dipaksakan. Beloklah ke rest area dan tidur minimal 20 menit sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan.

Sebelum beristirahat tidur, pastikan tempat parkirmu aman. Hati-hati juga dengan serangan pusing selama 15 menit ketika baru bangun tidur. Tunggu sampai tubuh kembali fokus dan terjaga.

4. Gantian menyetir
Cara paling aman adalah dengan bergantian menyetir. adanya partner berkendara, lalu bisa saling bergantian setiap 2 jam berkendara.

Catatan penting, jangan pernah mengemudi lewat tengah malam hingga jam 6 pagi. Karena saat itu ada efek biologis, dimana ritme tubuh menunjukkan rasa kantuk paling hebat di antara jam lainnya.

5. Minum Kopi
Walau bukan cara utama, tapi metode ini cukup efektif, karena kandungan kafein pada kopi bisa membuat pusing hilang dan fokus terjaga. Perlu diingat juga efek kafein hanya bertahan selama beberapa jam.

Jangan coba-coba minum alkohol, sedikit saja meminumnya akan menimbulkan rasa kantuk yang hebat dan membuat Anda kehilangan fokus.

 Video 10 Mobil Terlaris juli 2019:

Berita Terkait:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

253 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
ALI YUSUF 18 January 2020 | 19:52:10

bagus banget nih tips nya bisa dicoba tuh

꧁༒Hunter༒꧂, 29 October 2019 | 15:23:39

emang sangat diperlukan ini tips kalau kita mau mengendarai mobil

transboy5 28 October 2019 | 14:47:18

emang sangat diperlukan ini tips kalau kita mau mengendarai mobil

transboy5 28 October 2019 | 14:46:56

emang sangat diperlukan ini tips kalau kita mau mengendarai mobil

Miskin aman 12 October 2019 | 02:58:39

bagus nih tips nya semoga kita semua selalu di lindungi yah

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article