home ×
Digilife

Kedubes AS Peringatkan Jakarta Waspada pada 12 Januari, Ini Penjelasan BMKG

08 January 2020 By
Kedubes AS Peringatkan Jakarta Waspada pada 12 Januari, Ini Penjelasan BMKG
Share
Share
Share
Share

Peringatan cuaca yang dikeluarkan Kedubes AS (id.embassy.gov)

Uzone.id - Di grup-grup WhatsApp ramai membahas informasi ramalan cuaca yang disiarkan oleh situs id.usembassy.gov milik pemerintah Amerika Serikat.

"Prakiraan cuaca menunjukkan bahwa wilayah Jakarta sebagian besar mengalami curah hujan yang luar biasa hingga 12 Januari 2020.

Mengantisipasi badai dan angin kencang dengan kemungkinan banjir, tanah longsong, pemadaman listrik, dan kondisi perjalanan yang sulit di seluruh wilayah," begitu perkiraan cuaca yang ditulis Kedubes AS pada Senin (6/1/2020).

Bahkan, Kedubes AS juga menghimbau warganya untuk mempersiapkan rencana tanggap darurat, melihat liputan media tentang peristiwa lokal, mewaspadai lingkungan sekitar dan awas setiap saat.

Baca juga: Beredar Info Bencana Seperti 1 Januari 2020 Akan Terulang, Cek Faktanya

Selain itu, Kedubes AS juga menghimbau warganya untuk meninjau informasi dari otoritas cuaca Indonesia setempat di www.bmkg.go.id, hingga mengikuti akun Twitter dan Facebok Konsulat Jenderal AS di Jakarta dan Surabaya.

Karena yang mengeluarkan peringatan soal cuaca adalah Kedubes AS, tentu saja warga Indonesia makin waspada terhadap cuaca ekstrem.

Melakukan antisipasi seperti yang dihimbau Kedubes AS memang tidak ada salahnya, namun jangan sampai panik juga.

Baca juga: Toyota Hilux Boyong Arsinum Mobile ke Lokasi Banjir Bogor, Bekasi, Lebak

Uzone.id pun meminta update dari pihak BMKG mengenai cuaca yang akan menyelimuti Jakarta dan sekitarnya. Deputi Bidang Meteorologi, Drs. R. Mulyono R. Prabowo M.Sc mengeluarkan pernyataan resmi pada hari ini, Rabu (8/1/2020) soal potensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Jabodetabek pada 8-12 Januari 2020.

Menurutnya, hasil analisis dinamika atmosfer menunjukkan aktivitas monsun Asia masih signifikan, gelombang atmosfer (MJO) masih aktif di wilayah Indonesia.

Selain itu, pola konvergensi angin yang memanjang mulai dari Banten bagian utara hingga Nusa Tenggara sebagai akibat dari adanya pusat tekanan rendah di Barat Laut Australia dan Bibit Siklon Tropis di sekitar Teluk Carpentaria Australia,

Hal itu berpotensi cukup signifikan meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia termasuk Jabodetabek.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG menyampaikan prakiraan potensi Hujan Sedang-Lebat di wilayah Jabodetabek sebagai berikut;

08 Januari 2020

Diprediksikan potensi hujan dengan intensitas sedang dapat terjadi mulai siang hari di wilayah Bogor, Depok, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Tangerang Selatan, Bekasi bagian barat, dan pada malam hari di wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Utara.

09-10 Januari 2020

Potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat disertai angin kencang dan kilat / petir (thunderstorm) dapat terjadi mulai dini hari menjelang pagi hari terutama di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Tangerang, Bekasi, sebagian Depok dan Bogor.
Intensitas hujan dapat menurun pada pagi menjelang siang hari, dan berpeluang kembali meningkat pada sore menjelang malam.

11-12 Januari 2020

Secara umum, kondisi hujan di wilayah JABODETABEK relatif berkurang dibandingkan dengan periode tanggal sebelumnya. Hujan dengan intensitas ringan-sedang masih dapat terjadi terutama di wilayah Bogor, Depok, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bekasi, dan Tangerang.

Kondisi Pasang Naik Air Laut

Pasang naik maksimum di Teluk Jakarta dapat terjadi pada periode tanggal 09-12 Januari 2020 dengan ketinggian maksimum 0.6 meter, kondisi ini berpotensi menghambat laju aliran air sungai masuk ke laut di Teluk Jakarta.

Kesimpulan:

Hujan dengan intensitas sedang-lebat masih berpotensi terjadi di wilayah JABODETABEK pada periode 09-12 Januari 2020, namun tidak se-ekstrem hujan yang terjadi pada tanggal 01 Januari 2020.

Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti angin kencang, genangan, banjir, banjir bandang, tanah longsor, pohon tumbang, dan jalan licin.

 

VIDEO Test Drive Kia Rio

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id