icon-category Lifestyle

Kekurangan Vitamin D Picu Penyakit Ginjal Kronis Anak

  • 21 Jun 2016 WIB
  • Bagikan :
    | June 21, 2016 1:50 pm

    Kekurangan jumlah vitamin D dalam tubuh dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis terutama untuk anak-anak. Penelitian terkini menemukan, kekurangan vitamin D ditemukan pada anak-anak yang mengalami penyakit ginjal kronis, sebuah penyakit jangka panjang yang mengarah ke gagal ginjal.

    Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Clinical Journal of the American Society of Nephrology (CJASN), hampir dua per tiga anak-anak yang mengalami kekurangan vitamin D juga mengidap sejumlah kelainan yang berdampak pada nefron atau salah satu bagian dari ginjal.

    Peneliti menemukan, tingkat vitamin D paling rendah terjadi pada musim dingin dibandingkan waktu-waktu lain sepanjang tahun. “Tingkat vitamin D banyak dipengaruhi oleh faktor musiman, tipe penyakit, dan suplemen nutrisi,” ujar peneliti dari Universitas Heidelberg Anke Doyon seperti dikutip dari The Indian Express.

    Kekurangan vitamin D juga diketahui bisa meningkatkan risiko osteoporosis, kanker, penyakit kardiovaskular, dan kelainan imunitas.

    “Pemberian suplemen perlu dikaji kembali dan perlu ada penelitian lebih dalam untuk mengetahui mekanisme mengawasi dan mengatasi kekurangan vitamin D untuk anak-anak yang mengalami penyakit ginjal kronis,” kata Doyon.

    (baca: 9 Makanan Paling Kaya Vitamin C)

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini