icon-category Feature

Kelakuan Generasi Milenial di Era Digital

  • 16 Dec 2016 WIB
Bagikan :

Generasi milenial adalah generasi yang kini menghabiskan banyak waktu mereka di dunia digital. Riset terbaru memaparkan beberapa fakta menarik tentang prilaku generasi tersebut.

Generasi milenial bisa diasumsikan mereka yang lahir antara 1980 sampai 2000. Generasi ini juga yang saat ini paling banyak menggunakan Internet untuk berbagai aktivitasnya.

Berdasarkan data consumerbarometer.com, 90% generasi milenial saat ini mengakses Internet setiap hari, dan sebagian besar dari mereka online untuk mengakses berbagai konten hiburan. Musik, film dan bersosial media.

Namun dari semua itu konten video ternyata yang paling digemari para milenial, ini juga yang membuat Kwai, aplikasi sosial media berbasis video asal China, untuk merilis layanan mereka di Indonesia.

"Tingginya penetrasi mobile internet dan dominannya aktivitas pengguna internet di social platform, menjadikan Indonesia market yang sangat menarik. Terutama, lebih dari 60% pungguna internet di Indonesia berasal dari kalangan usia muda," ujar Gorga, Head of Product Kwai Indonesia saat memaparkan evolusi digital di Indonesia, di Universitas Mercu Buana.

Di Universitas Mercu Buana, Kwai dan Orange Media mengadakan serangkaian acara untuk memperkenalkan evolusi digital di Indonesia. Acara ini berlangsung mulai dari 13-16 Desember. Uzone.id adalah salah satu media partner dalam acara tersebut.

Gorga, Head of Product Kwai Indonesia saat memaparkan evolusi digital di Indonesia, di Universitas Mercu Buana. (kanan)

Apa yang ditawarkan Kwai melalui aplikasinya sebenarnya bukan hal baru. Sebelumnya, netizen milenial di Indonesia sudah lebih memanfaatkan video streaming dari Instagram, YouTube, Facebook, dan belakangan muncul Cliponyu dan sebagainya. Namun aplikasi dengan 300 juta pengguna di dunia ini mengklaim punya fungsi yang menarik.

"Kemampuan meng-compress ukuran video lebih dari 90% dari ukuran aslinya, menjadikan Kwai merupakan aplikasi yang "ramah quota". Kwai juga memiliki fitur edit video yang cukup lengkap," Gorga menjelaskan kepada Uzone.id, Jumat (16/12).

Selain itu, menurut catatan lembaga analis Nielsen, 83% generasi milenial tidur bersama ponsel pintar mereka. Entah itu mereka gunakan untuk bersosial media sebelum tidur, atau sekadar memakaikan sebagai alarm.

Kebisaan lain milenial di era sekarang ini antara lain, membawa smartphone ke toilet, mengabadikan momen apa pun melalui ponselnya.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini