home ×
Startup

Kelas Kuliner Jadi Favorit di Pijar Mahir, Diminati Hampir 6000 Pengguna

02 July 2020 By
Kelas Kuliner Jadi Favorit di Pijar Mahir, Diminati Hampir 6000 Pengguna
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Selama pandemi Covid-19 yang memaksa semua orang untuk aktif di rumah, kuliner merupakan keahlian yang mudah untuk didalami. Bahkan di aplikasi pembelajaran digital tersertifikasi, Pijar Mahir, kelas makanan dan minuman telah diikuti hampir 6000 pengguna.

Data menunjukkan Produk Domestik Bruto (PDB) industri makanan dan minuman di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan hingga mencapai 7,99 persen per triwulan II tahun 2019. Bahkan UMKM bidang kuliner disebut sebagai salah satu sektor yang memberikan kontribusi terbesar.

"Melihat pertumbuhan yang pesat pada industri kuliner, Pijar Mahir berupaya mendukung masyarakat dan para pelaku industri kuliner melalui beragam pelatihan online tersertifikasi yang mudah diakses di mana pun dan kapan pun. Berkolaborasi dengan tiga lembaga terbaik, kami telah menghadirkan lebih dari 17 kelas kuliner yang komprehensif, mulai dari kursus memasak, seluk beluk pengelolaan bisnis, strategi pemasaran, hingga pengembangannya," ujar Prasabri Pesti, Head of Tribe Education Telkom Indonesia, di Jakarta, 2 Juli 2020.

Dengan begitu, kata dia, diharapkan siapa pun dapat memulai bisnis kuliner dimulai dari skala kecil dengan kualitas produk, diferensiasi, serta teknik pemasaran yang tepat. Prasabri berharap pelatihan yang dihadirkan Pijar Mahir dapat membantu masyarakat dalam mengembangkan potensi diri dan mempersiapkan bisnis.

Data lainnya menunjukkan jika pertumbuhan industri kuliner di Indonesia semakin didukung oleh maraknya tren layanan pesan-antar makanan secara online dalam beberapa tahun terakhir ini. Dalam riset Nielsen tahun 2019 bertajuk ‘Understanding Indonesia’s Online Food Delivery Market’ menunjukkan bahwa dari 95 persen masyarakat yang membeli makanan di luar rumah, 58 persen di antaranya melakukan pemesanan makanan secara online melalui aplikasi hampir 3 kali dalam seminggu. Hal ini sejalan dengan penetrasi bisnis layanan pesan-antar milik perusahaan transportasi online yang juga secara tidak langsung mendorong geliat industri kuliner rumahan.

"Kelas kuliner jajanan rumahan merupakan salah satu kelas yang paling diminati di Pijar Mahir, dengan hampir 2500 peserta. Lebih lagi hingga saat ini, kelas yang berhubungan dengan makanan dan minuman telah diikuti oleh hampir 6000 pengguna dengan topik yang beragam," ujar Prasabri.

Beberapa judul kelas kuliner yang tersedia di antaranya, ‘Melakukan Uji Rasa dalam Bisnis Makanan’, ‘Strategi Pemasaran Efektif untuk Bisnis Kuliner’, ‘Langkah Awal Masuk Dunia Kopi’, dan masih banyak lagi. Adapun lembaga kuliner yang tergabung di dalam Pijar Mahir adalah Excelloka, Baking World, serta Bitlabs. Seluruh kelas kuliner yang tersedia di Pijar Mahir dapat diakses oleh pengguna umum maupun peserta program Kartu Prakerja.

Diketahui saat ini, Pijar Mahir telah bekerja sama dengan lebih dari 30 lembaga pelatihan ternama untuk menyediakan beragam kursus online komprehensif tersertifikasi yang mudah diakses, mulai dari teknologi, digital, marketing & bisnis, start up, wirausaha, bahasa, administrasi, dan sederet pelatihan pengembangan diri lainnya. Sebagai salah satu mitra resmi platform pelatihan Kartu Prakerja dari Telkom Indonesia, Pijar Mahir diharapkan dapat mengatasi permasalahan skill gap, skill shortage, skill mismatch, dan job mismatch yang kerap dialami oleh industri dan talenta.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

2 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Meri 14 July 2020 | 18:43:51

sehati banget dari dulu juga emang minat kuliner

oki puntoro 02 July 2020 | 14:41:04

itu aplikasi apaan emangnya yah

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id