home ×
Startup

Kementerian BUMN Dorong LinkAja untuk IPO

27 November 2020 By
Kementerian BUMN Dorong LinkAja untuk IPO
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi. (Foto: Dok. LinkAja)

Uzone.id - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia berencana mendorong perusahaan uang elektronik nasional LinkAja untuk melakukan penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO). Seperti dikutip Uzone.id dari CNBC Indonesia, hal itu disampaikan oleh Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo.

Kartika mengatakan, rencana IPO tersebu diharapkan dapat terealisasi dalam satu sampai satu setengah tahun ke depan.

Baca juga: LinkAja, Uang Elektronik dengan Ekosistem Transportasi Terlengkap

Dengan IPO tersebut, LinkAja bisa memperoleh tambahan dana dari berbagai sumber, seperti yaitu BUMN, swasta, dan masyarakat. Mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu juga mengatakan, LinkAja baru saja pendanaan seri B.

Sebagai informasi, pada awal November 2020, LinkAja mengumumkan adanya suntikan dana sebesar USD100 juta dari beberapa perusahaan digital tanah air. Investasi senilai Rp1,4 triliun itu diberikan oleh Grab, Telkomsel, BRI Ventura Investama dan Mandiri Capital Indonesia.

Baca juga: Deretan Fitur LinkAja, dari Bayar Kebutuhan Harian Sampai Tarik Tunai

Pendanaan seri B yang dipimpin Grab itu, dikatakan pihak LinkAja, akan dimanfaatkan untuk melakukan akselerasi pertumbuhan aplikasi sehingga LinkAja menjadi pemimpin teknologi finansial nasional yang berfokus terutama bagi konsumen kelas menengah/aspiran dan UMKM di Indonesia. Ini juga artinya, Grab bergabung sebagai salah satu pemegang saham LinkAja.

"Kami yakin kerja sama strategis ini akan memperkuat layanan LinkAja dalam menghadirkan solusi yang efektif untuk memberikan akses ke keuangan dan ekonomi bagi masyarakat Indonesia," ujar Direktur Utama LinkAja, Haryati Lawidjaja, dalam keterangan resminya, Selasa, 10 November 2020.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id