icon-category Digilife

Kena Kritik Warganet, Google Tarik Kembali Fitur Baru Gemini AI

  • 25 Feb 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Beberapa minggu lalu Google dengan semangat memperkenalkan fitur terbaru di platform AI mereka, Gemini (atau Bard). Fitur ini mampu mengubah teks deskripsi menjadi gambar AI, mirip dengan Bing Image Creator.

Sayangnya, belum genap satu bulan dirilis, Gemini AI kena kritik gara-gara hasil AI generatif yang tidak sesuai dengan permintaan mereka. Banyak pengguna di X protes karena hal ini, bahkan tak sedikit yang mengejek dan menjadikan Gemini sebagai meme.

Pengguna menemukan Google Gemini AI terkesan rasis karena tidak memberikan gambar sesuai ketika menyebut ‘white people’, selain itu banyak hasil dari gambar manusia buatan Gemini AI menjurus ke satu ras tertentu.

Menanggapi kemarahan ini, Google pun bertindak dan menarik kembali kemampuan Gemini AI untuk sementara. Hal ini disampaikan pihak perusahaan dalam akun X resmi miliknya, Kamis kemarin, (22/02).

“Kami menyadari bahwa Gemini memberikan ketidakakuratan dalam hasil gambar sejarah,” tulis Google dalam keterangannya.

Google menambahkan, “Kami sedang berupaya menyempurnakan gambar seperti ini. Pembuatan gambar AI Gemini menarik perhatian banyak orang dan hal ini umumnya merupakan hal yang baik karena orang-orang di seluruh dunia menggunakannya. Namun, hal ini menjadi kurang tepat sasaran.”

Dari pantauan per Jumat, (23/02), chatbot Gemini Image Creator masih bisa menghasilkan beberapa gambar yang sesuai dengan deskripsi, namun ketika diminta untuk membuat gambar dengan objek manusia, Gemini menolak dan mengatakan sedang dalam peningkatan.

“Kami sedang meningkatkan kemampuan Gemini dalam menghasilkan gambar orang. Kami berharap fitur ini segera kembali dan kami akan memberitahu kalian dalam rilis ketika fitur ini muncul kembali,” tulisnya.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini