icon-category Auto

Kenalan Sama Arti dan Fungsi Huruf di Transmisi Otomatis

  • 18 Aug 2019 WIB
  • Bagikan :

     

    Uzone.id - Mobil matik makin kesini gak cuma sekedar tren, tapi kebutuhan karena kondisi lalu lintas yang macet, transmisi otomatis jelas lebih praktis dan gak melelahkan.

    Tapi gaes, ternyata masih banyak lho orang yang belum mau beralih ke transmisi matik karena alasan gaptek atau takut—padahal, ini termasuk transmisi yang ramah alias user friendly.

    Gak percaya? Orang tinggal geser-geser tuas, dan gas rem gas rem, mobil udah bisa melaju.

    Video 5 Fakta Terbaru Mobil Esemka:

    Tapi emang, buat yang masih awam, masih baru bisa nyetir atau baru beralih dari transmisi manual ke otomatis, ada baiknya kenalan dulu sama tuas transmisinya.

    Biasanya, umumnya, pada tuas transmisi otomatis, terdapat huruf-huruf dan angka untuk menandakan fungsinya seperti P, R, N, D, 2, dan L.

    Mari kita urai satu-persatu arti dari huruf dan angka tersebut:

    P: kalau tuas digeser ke posisi P, berguna saat kalian memarkirkan mobil atau mobil dalam keadaan berhenti, karena dengan begitu mobil akan mengunci alias gak bisa didorong.

    R: Tuas yang berada di posisi R artinya Reverse alias mundur, jadi ini fungsinya saat kalian ingin mundur.

    N: Ya tau dong artinya, Netral. Yakni saat mesin dan transmisi gak terhubung, sehingga meski digas pun, gak bakal maju.

    D: Drive atau jalan. Nah, ini nih enaknya transmisi matik. Saat mau melaju, gak usah ribet mindah-mindahin tuas ke gigi 1, 2, 3, atau 4, tapi cukup posisikan di D aja, mobil pun melaju dan memindahkan gigi sesuai dengan kebutuhuan secara otomatis.

    D2: Posisi ini punya fungsi menahan perpindahan gigi transmisi secara otomatis hanya maksimal sampai gigi 2 aja, meski transmisinya punya 4 gigi misalnya.

    L: Ini fungsinya mirip dengan D2, tapi transmisi hanya membatasi gigi hanya di gigi 1 dan gak bisa berpindah ke gigi berikutnya, seperti 2, 3, dan 4.

    Berguna saat harus menghadapi tanjakan untuk mencegah transmisi berpindah sendiri ke gigi lebih tinggi, yang ngebuat mobil kehilangan torsi untuk nanjak.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini