Technology

Kenalkan: Gnome, Makhluk Kecil Penjaga Elemen Bumi

Pernahkah Anda memperhatikan sudut-sudut taman dan menemukan sesosok patung mungil pendek berpipi chubby tetapi berwajah cukup tua yang ditandai jenggot?  Ya, dia itulah yang disebut gnome.

Hikayat menyebutkan, gnome (atau disebut kate dalam bahasa Indonesia) adalah orang-orang kecil yang melindungi harta karun dan membantu pekerjaan manusia. Termasuk  menjadi  penjaga taman seperti disebutkan tadi.

Namanya diciptakan oleh Paracelsus, pakar fisika, kimia dan ilmu gaib, dari kata  genomos, yang berarti penghuni Bumi dalam bahasa Latin Renaisans. Orang-orang kecil ini mengenakan pakaian cerah dan topi runcing yang seringkali berwarna merah. 

Paralcelcus yang berasal dari abad ke-16, percaya bahwa ada berbagai jenis makhluk tak terlihat di antara manusia. Ia menyebut mereka sebagai unsur-unsur atau roh-roh alam yang ia bagi menjadi empat kolompok. Yaitu: gnome (makhluk Bumi), sylphs (makhluk udara), salamander (makhluk api), dan undines (makhluk air).

via GIPHY

Setelah disebutkan dalam karya-karya Paracelsus, banyak cerita rakyat mulai menggambarkan para gnome sebagai orang-orang kecil yang memiliki kekuatan gaib dan menghuni planet Bumi. 

Paracelsus menggunakan gnomi sebagai sinonim dari pygmies dan menggolongkannya sebagai elemental Bumi. Ia mendeskripsikan gnome sebagai makhluk kecil yang nakal dan aneh dengan tinggi dua belas sampai delapan belas inci dan biasanya memakai pakaian berwarna hijau atau cokelat kemerahan. 

Sebagian besar dari gnome tampak sangat tua, seringkali dengan janggut putih panjang dan figur mereka cenderung kekar. 

Dalam versi lain, gnome digambarkan sebagai makhluk yang baik dan ramah, yang membantu manusia dengan melakukan pekerjaan mereka di tengah malam. Juga dikatakan bahwa gnome melindungi harta yang terkubur di bawah tanah. 

Gnome mulai dikenalkan sebagai hiasan taman dan rumput sejak tahun 1930-an. Makhluk  kecil mitos ini pun berganti nama menjadi "gnome kebun" atau "tukang kebun".

Pematung Jerman Phillip Griebel membuat patung keramik pertama Gnome pada abad ke-19. Sementara permainan menarik soal gnome yang baru diluncurkan adalah Google Doodle (10/06/2018),  mirip games Angry Bird dengan tokoh para gnome.

 
Tags : gnome bumi