icon-category Travel

Kenangan Manis Ampuh Usir Rasa Bosan saat Mudik dan Balik

  • 09 Jun 2019 WIB
  • Bagikan :

    Mudik Lebaran 2019 sudah berganti dengan arus balik Lebaran. Kemacetan pun mulai mengintai. Kemacetan yang kerap menimbulkan rasa bosan dan membuat mood turun.

    Namun, jangan biarkan kebosanan saat terjebak kemacetan itu menguasai diri Anda. Beberapa hal bisa Anda lakukan untuk mengusir rasa bosan.

    Psikolog Firman Ramdhani mengatakan, sebaiknya pemudik mengarahkan pikiran pada hal-hal menyenangkan saat berada dalam perjalanan. Misalnya, bayangan menyenangkan setelah tiba di kampung halaman dengan berkumpul bersama keluarga.

    "Memikirkan kalau sampai di sana akan bersilaturahmi, interaksi dengan keluarga, kembali ke rumah yang ditinggali semasa kecil atau [segala sesuatu yang] memberikan asosiasi menyenangkan itu efeknya luar biasa. Mood bisa naik," jelas Firman saat dihubungi CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.

    Saat macet, pemudik disarankan untuk mengakses memori yang berkaitan dengan hal yang menyenangkan. Firman mengatakan, mengakses memori menyenangkan tentang kampung halaman bukan hal sulit bagi pemudik berusia dewasa. Betapa tidak, kampung halaman kerap lekat dengan kenangan masa kecil.

    Namun, cerita yang berbeda akan terasa bagi para pemudik berusia remaja. Nyaris tak ada memori menyenangkan yang bisa diingat kembali di kampung halaman. "Sekarang hanya bagaimana memaknai itu [hal-hal yang menyenangkan]," kata Firman.

    Selain mengakses memori menyenangkan, pemudik juga disarankan untuk memanfaatkan beragam aktivitas yang bisa dilakukan di dalam perjalanan.

    Akan lebih baik jika pemudik menyiapkan hal-hal yang bisa membunuh waktu selama perjalanan mudik. Anda bisa menyiapkan kuota internet, film favorit, playlist lagu kesukaan, atau buku bacaan.

    Berita Terkait

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini