Health

Kenapa Alat Elektronik Membuat Kita Susah Tidur

  • 15 September 2016
  • Bagikan :


    Di malam hari yang seharusnya menjadi jam tidur Anda, Anda masih di depan komputer, televisi, atau telepon genggam Anda. Mungkin Anda sedang membalas email, mengerjakan tugas, mengejar deadline, main games, nonton serial televisi kegemaran Anda, atau sekedar chatting dengan teman Anda sampai larut malam. Anehnya, Anda tidak mengantuk, padahal harusnya biasanya Anda sudah mengantuk pada jam-jam tersebut.

    Nah, Anda tidak sendirian dalam hal ini. Akan tetapi, perlu diingat bahwa hal ini tidak baik bagi kesehatan Anda, terutama tentang jam tidur Anda.

    Mengapa alat elektronik membuat kita tak mengantuk?


    Mark Rosekind, PhD, mantan direktur dari Fatigue Counter-Measures Program di NASA Ames Research Centre dan kepala peneliti di Alertness Solutions, menjelaskan bahwa alat-alat elektronik dapat mempengaruhi jam tidur Anda karena alat-alat tersebut dapat mempengaruhi stimulasi kognitif pada otak Anda.

    Pada saat otak Anda bekerja, aktivitas elektrik pada tubuh Anda meningkat dan neuron di saraf Anda mulai berlomba-lomba untuk sampai ke otak Anda. Hal ini berbanding terbalik dengan apa yang terjadi di otak Anda saat Anda tidur. Alasan lain hal ini dapat terjadi adalah akibat aktivitas fisik tubuh Anda. Aktivitas fisik tubuh Anda merespons pada games atau email dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih tegang.

    Hal ini mengakibatkan tubuh Anda merespons kegiatan fisik Anda dengan sistem “fight or flight”. Akhirnya, tubuh Anda mengeluarkan hormon stress yang bernama cortisol. Cortisol ini dikeluarkan oleh kelenjar adrenal, yang mengakibatkan kondisi tubuh kita sangat tidak kondusif untuk tidur.

    Cahaya atau sinar yang dikeluarkan dari benda-benda elektronik tersebut juga bekerja melawan kualitas kemampuan tubuh Anda untuk menutup mata. Beberapa bagian dari cahaya yang dikeluarkan oleh benda-benda elektronik ini menembus masuk ke retina lalu menuju hipotalamus (bagian otak yang mengontrol beberapa aktivitas saat Anda tidur) dan memperlambat produksi hormon melatonin. Melatonin adalah hormon yang berfungsi untuk membuat Anda tidur, yang diproduksi dalam keadaan gelap.

    Jika alasan-alasan yang sudah dijelaskan tersebut terjadi secara bersamaan saat Anda menggunakan alat-alat elektronik di malam hari, hal ini mengakibatkan Anda menjadi tidak bisa tidur saat malam hari. Bila Anda melakukan hal ini setiap hari, hal ini dapat mengakibatkan jam tidur Anda berubah. Misalnya, biasanya Anda tidur jam 10 malam, namun dalam beberapa hari belakangan Anda selalu tidur jam 2 malam akibat menggunakan alat-alat elektronik, maka jam tidur Anda akan berubah menjadi jam 2 malam.

    Efek lain dari menggunakan alat elektronik di jam tidur


    Penggunaan alat-alat elektronik sebelum tidur bukan saja merusak jam tidur Anda, akan tetapi juga dapat mempengaruhi tingkat stress dan kesehatan mental Anda. Menurut penelitian yang diadakan oleh Dr. Dan Naim di Los Angeles Sleep Study Institute dan koleganya, menggunakan alat-alat elektronik sebelum tidur juga berakibat kepada stress dan kesehatan mental.

    Menggunakan komputer secara berkala sebelum tidur, selain merusak jam tidur, juga mengakibatkan stress dan tanda-tanda depresi. Hal ini dapat terjadi baik pada pria maupun wanita. Orang-orang yang secara terus-menerus menggunakan telepon genggamnya sebelum tidur juga dapat mengakibatkan stress dan akhirnya mengganggu kesehatan mental.

    Jadi bagaimana cara mengatasinya?


    Satu-satunya cara untuk mengatasi hal ini: matikan semua benda-benda elektronik saat malam. Jauhkan segala jenis benda-benda elektronik dari tempat tidur Anda. Berikut tips-tips yang dapat Anda terapkan:

    1. Putar ulang jam tidur Anda


    Mulai kembali mencoba mengatur kembali jam tidur Anda. Cobalah mulai mengurangi pelan-pelan 15-30 menit. Misalnya, jam tidur Anda sudah berubah menjadi jam 1 malam, saat jam 1.15 atau 1.30 malam matikan semua alat elektronik Anda dan pergi tidur. Begitu seterusnya sampai jam tidur Anda kembali normal.

    2. Buatlah tempat tidur Anda bebas dari alat-alat elektronik


    Ciptakanlah suasana tempat tidur Anda yang bebas dari alat-alat elektronik. Kalau Anda harus mengisi ulang baterai alat-alat elektronik Anda di kamar tidur Anda, letakkanlah apapun yang dapat menutupi keberadaan alat-alat elektronik Anda.

    3. Jangan letakkan TV di kamar tidur


    Keberadaan TV di kamar tidur, apalagi di kamar tidur anak-anak, berdampak negatif kepada kualitas tidur. Untuk anak-anak, bacakan buku yang berguna atau buku pengantar tidur daripada menyediakan TV di kamarnya untuk pengantar tidur.

    BACA JUGA:

    The post Kenapa Alat Elektronik Membuat Kita Susah Tidur appeared first on Hello Sehat.