icon-category Travel

Kenapa Badan Terasa Lelah Habis Liburan?

  • 16 Mar 2019 WIB
Bagikan :

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Banyak orang berpikir, liburan itu pas untuk mengistirahatkan diri dari pekerjaan. Kamu juga mungkin merasa lebih segar ketika liburan, karena jauh dari tekanan dan rutinitas sehari-hari.

Namun, setelah seminggu penuh di pantai dan puas mencicipi kuliner setempat, kenapa badan malah lelah begitu sampai di rumah? Apakah kamu pernah merasakannya?

Mengutip Well+Good, ada alasan ilmiah di balik fenomena itu.

Baca juga: Ini Imbauan Kemenpar Terkait Harga Tiket Pesawat yang Tinggi

Energi yang dipakai saat rutinitas sehari-hari lebih sedikit, dibandingkan ketika liburan. Selama melancong, kamu harus memikirkan banyak hal di luar kebiasaan.

“Di mana kamu memarkir mobil? Di mana kamu harus membeli kopi? Kalau ingin makan, kamu harus pergi ke mana? Apa saja yang bisa dilakukan hari ini? Itu semua adalah hal-hal yang tidak perlu dipikirkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Tim Bono, PhD dari Washington State University di St. Louis.

Baca juga: Mengenal Festival Holi di India

Semakin banyak yang dipikirkan dan dilakukan selama liburan, kamu akan merasa semakin kelelahan ketika sudah sampai di rumah. Agar tubuh benar-benar segar dan siap beraktivitas kembali setelah liburan, kamu perlu meluangkan satu hari untuk bersantai di rumah.

Kamu bisa membaca buku atau menonton Netflix. Dengan begitu, kamu gak perlu mengambil banyak keputusan yang melelahkan pikiran.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Tags : liburan lelah pantai kuliner 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini