home ×
Auto

Kenapa Keberadaan Mazda CX-8 Lebih Langka dari CX-9?

06 October 2021 By
Kenapa Keberadaan Mazda CX-8 Lebih Langka dari CX-9?
Share
Share
Share
Share

Mazda CX-8 (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

Uzone.id - PT Eurokars Motor Indonesia resmi meluncurkan Sport utility vehicle (SUV) Mazda CX-8 di Indonesia pada 22 November 2019 dengan dua varian, yakni Elite (varian tertinggi) dan Touring.

Saat itu, masing-masing dijual Rp746,8 juta, lalu Touring sekitar Rp 664,8 juta sehingga keduanya punya gap harga Rp82 juta.

CX-8, yang memiliki jok tiga baris ini punya dimensi panjang 4.900 mm, lebar 1.840 mm, dan tinggi 1.730. Posisinya berada di antara CX-5 dan CX-9.

BACA JUGA: Perbedaan Dimensi dan Fitur pada Mazda CX-3, CX-30, CX-5, CX-8, CX-9

Mobil CBU yang diimpor dari Jepang itu punya perbedaan mencolok pada jok baris kedua. Untuk Elite pakai desain captain seat dengan 6-seater, sedangkan Touring pakai jok biasa dengan 7-seater.

Harga Touring jauh lebih murah karena banyak fitur yang tak dimiliki varian Elite yakni 360 Degree View Monitor, Adaptive LED Headlights, Blind Spot Monitoring Plus, Rear Cross Traffic Alert, Lane Departure Warning System, Lane Keep Assist System, Smart City Brake Support, Pedestrian Brake, Driver Attention Alert, Lightning Signature di head lamp, BOSE sound system 10 speakers (Touring pakai 6 speaker), Windscreen Type, Navigation System, Seat Ventilation, Seat Warmer, Centre Console with USB Port & Cup Holder, dan Sunshade.

Mazda CX-8 menggendong mesin SkyActiv-G 2.5 4 silinder-segaris DOHC 2.488 cc yang bisa mengeluarkan tenaga 188 dk @6.000 rpm dan torsi 252 Nm @4.000 rpm.

Melihat situs resmi Mazda Indonesia, untuk tipe Touring sudah tidak dijual lagi karena peminatnya tidak banyak, sehingga Mazda fokus menjual varian Elite.

Selain itu, kita juga jarang melihat CX-8 di jalanan. Itu karena konsumen lebih memilih SUV premium CX-9 yang sudah punya mesin turbo dan bodi lebih bongsor ketimbang CX-8. Apalagi selisih harga Mazda CX-8 dengan CX-9 tidak terlampau jauh.

BACA JUGA: Yamaha Saluto 125 Disuntik Mati, Kini Heboh Suzuki Saluto 125

Melihat situs Mazda Indonesia, CX-8 dihargai Rp736.900.000, sedangkan CX-9 dijual Rp869.900.000.

Deddy Kurniawan Saputro, Sales Manager PT Eurokars Motor Indonesia, mengatakan bahwa secara volume penjualan CX-9 lebih banyak dibanding CX-8.

"Karena CX-8 kita ini awalnya ada dua model, ada Elite dan Touring. Touring ternyata peminatnya tidak terlalu banyak sekarang kita fokus sama yang Elite," kata dia.

Kemudian, kata Deddy, CX-8 dan CX-9 memang mirip, bedanya cuma pada jok baris kedua, untuk CX-8 pakai captain seat, sedangkan CX-9 jok biasa.

Begitu juga secara desain, bodi CX-8 merupakan bodi CX-5 yang dipanjangkan. "Hampir semua mirip dengan CX-5, kalau CX-9 totally beda. Mungkin karena kondisi seperti itu secara demand lebih baik di CX-9, CX-8 secara nasional tahun ini kita jual sekitar 15-20 unitan lah per bulan, CX-9 bisa 40-50 unit per bulan".

Deddy mengatakan, jika melihat marketnya, konsumen yang ingin membeli CX-9 namun dananya terbatas akhirnya pilih CX-8. Sedangkan konsumen yang ingin membeli CX-5 namun ingin bodinya lebih besar akhirnya upgrade ke CX-8.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id