home ×
Auto

Kenapa Servis 1.000 Km Pertama Penting Dilakukan?

03 February 2021 By
Kenapa Servis 1.000 Km Pertama Penting Dilakukan?
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Buat kalian yang baru aja membeli mobil baru di awal tahun ini, jangan lupa untuk melakukan servis berkala internal (SBI) atau servis berkala pertama ketika pemakaian telah melewati 1.000 km atau satu bulan pertama.

Tergantung mana yang tercapai lebih dahulu. Setelah itu, barulah menjalankan servis berkala setiap enam bulan atau 10.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.

Alasan Servis Berkala 1.000 Km Pertama Penting

Mengapa servis berkala di awal pemakaian kendaraan menjadi menu penting dan tidak boleh diabaikan? Pertama, servis berkala memastikan bagian-bagian mobil berfungsi optimal setelah digunakan dalam kurun waktu satu bulan dari penyerahan.

Berikutnya, servis berkala juga merupakan deteksi dini kondisi mobil, sehingga bila ada kerusakan tidak bertambah besar dan menjalar ke komponen lainnya.

Kerusakan bisa langsung diperbaiki dan terhindar dari pengeluaran biaya perbaikan yang besar.

Servis berkala 1.000 km merupakan salah satu pertimbangan pemberian garansi karena syarat utama garansi adalah servis berkala secara rutin di bengkel resmi.

Pemeriksaan Servis Berkala 1.000 Km Pertama

Saat servis berkala satu bulan pertama, dilakukan pemeriksaan secara detail seluruh komponen bergerak di mobil.

Bagian pertama yang dicek meliputi fungsi dari seluruh komponen interior atau ruang kemudi, seperti sistem kemudi, sistem keamanan, fungsi kelistrikan, AC, lampu interior, seatbelt, dan head unit.

Setelah itu, pengecekan dilanjutkan ke bagian eksterior, meliputi bodi, pintu, dan fungsi penunjang seperti lampu mobil dan wiper.

Berlanjut ke bagian mesin, ada pemeriksaan oli mesin, kondisi fan belt, volume air radiator, minyak rem, fluida-fluida lainnya, dan pengecekan fungsi mesin secara umum serta sistem penggerak dan bagian sasis kendaraan.

Manfaat pengecekan tersebut sangat terasa mengingat saat ini sedang musim hujan dengan cuaca yang tidak menentu sehingga mobil selalu dalam kondisi prima dan mengurangi kekhawatiran timbul masalah teknis.

Penggantian Komponen Gratis

Jika terdeteksi ada kerusakan, akan segera melakukan penggantian spare parts secara gratis. Tentu untuk komponen yang dijamin oleh garansi dan bukan kerusakan akibat salah perlakuan pemilik.

“Servis berkala satu bulan atau 1.000 km pertama memiliki fungsi yang sangat penting untuk memeriksa dan memastikan kondisi mobil selalu dalam kondisi prima mulai dari awal penggunaan,” jelas Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000.

VIDEO Pasang Dashcam Resmi Mitsubishi, Kamera Bening Siang Malam:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article