home ×
Auto

Kenapa Toyota Corolla Cross Hybrid Bisa Paling Murah?

02 September 2020 By
Kenapa Toyota Corolla Cross Hybrid Bisa Paling Murah?
Share
Share
Share
Share

Toyota Corolla Cross hybrid (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

Uzone.id - "Ini menjadi mobil hybrid termurah di jajaran produk Toyota,” ungkap Anton Jimmi Suwandy, selaku Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) di acara peluncuran Toyota Corolla Cross melalui YouTube Toyota Indonesia.

Terang saja, Corolla Cross dengan mesin hybrid electric vehicle (HEV) (atau cukup disebut hybrid) dijual 'cuma' Rp497,8 juta (on the road) untuk wilayah Jakarta atau tak sampai Rp500 juta.

Dibandingkan mobil hybrid milik Toyota lainnya yang dijual di Indonesia, harganya sudah menembus angka setengah miliar.

Lihat saja harga Toyota C-HR, meskipun dimensi bodinya lebih kecil dari Corolla Cross, namun C-HR 1.8 HV A/T Single Tone dijual Rp546,29 juta, sedangkan warna Dual Tone dijual Rp547,79 juta.

BACA JUGA: Toyota Corolla Cross Resmi Meluncur di RI, Hilangkan Fitur TSS

TAM juga menjual sedan Corolla Altis hybrid 1.8L A/T di harga Rp586,25 juta, lalu Camry Hybrid 2.5 L A/T dipasarkan Rp842,15 juta.

Ada juga Toyota Prius hybrid dijual Rp884 juta, dan Toyota Alphard hybrid di harga Rp1,41 miliar.

Harga Toyota Corolla Cross hybrid jadi paling murah tak lain berkat strategi TAM untuk mencukur beberapa fitur yang dianggap bisa menekan harga seperti dihapusnya Toyota Safety Sense (TSS).

Padahal, Corolla Cross Hybrid yang dipasarkan di Thaliand dan Vietnam mendapat fitur keselamatan TSS.

TSS terdapat pada mobil mewah New Vellfire, New Alphard, dan All New Corolla Altis, yang terdiri dari:

1. PCS (Pre Collision System): Kamera terintegrasi dan sistem radar yang mengurangi risiko, tabrakan dan kerusakan dalam tabrakan frontal

2. LDA (Lane Departure Alert) with Steering Control: Mendukung dan membantu pengemudi menghindari keberangkatan jalur yang tidak disengaja, dengan peringatan visual dan suara ditambah sedikit tenaga kemudi

3. Dynamic Radar Cruise Control: Mendeteksi kendaraan sebelumnya dan mengikuti jarak aman, sehingga mengurangi kelelahan jarak aman berkendara jauh

4. Automatic High Beam (AHB): Saat kondisi gelap headlamp akan otomatis menyala untuk memberikan penglihatan yang lebih baik bagi pengemudi

Menurut Anton, Corolla Cross tanpa TSS bisa menekan harga juga terkait dengan kebutuhan masyarakat di Indonesia.

"Jika memang kebutuhan itu nanti terbukti dan sangat kuat sih gak ada salahnya kita akan introduce juga,” tutur Anton.

Selain versi hybrid, Corolla Cross dengan mesin pembakaran dalam juga tersedia di Indonesia dengan harga Rp457.800.000 (on the road) wilayah Jakarta.

Dimensi dan mesin

Dimensi Corolla Cross lebih besar dari C-HR dan lebih kecil dari RAV4. Dengan panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, tinggi 1.620 mm, dan jarak sumbu 2.640 mm.

Kemudian, sektor mesin, Corolla Cross hybrid menggunakan kode 2ZR-FXE 1.798cc 4-silinder in-line 16 valve DOHC chain drive with VVTi yang menghasilkan tenaga 98 ps per 5.200 rpm dan torsi 14,5 Nm per 3.600.

Mesin dipasangkan dengan motor listrik bertenaga 72 ps dan torsi 16,6 Nm.

 

VIDEO 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article