Home
/
Automotive

Kenapa Yamaha Belum Pakai Teknologi "Turbo" di Xmax?

Kenapa Yamaha Belum Pakai Teknologi "Turbo" di Xmax?<br>

Yamaha Xmax TechMax (Dok: Uzone.id/Brian)

Brian Priambudi02 January 2025
Bagikan :

Uzone.id - Yamaha Nmax dan Aerox sudah mendapatkan teknologi "Turbo" alias yang mereka sebut sebagai Yamaha Electric CVT (YECVT). Setelah muncul pada Nmax dan Aerox, muncul pertannyaan apakah teknologi tersebut juga muncul di produk lainnya seperti Xmax? 

Presiden Direktur dan CEO Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menanggapi pertannyaan tersebut. Menurut Dyon, sapaan akrabnya, pihaknya berkomitmen memberikan produk terbaik. Namun YECVT saat ini hanya ditawarkan pada model Maxi 155 cc saja. 

"Kami selalu menghargai semua pendapat karena Yamaha berkomitmen untuk memberikan produk terbaik. Namun, saat ini produk ini adalah yang terbaik yang kami tawarkan. Teknologi canggih ini tersedia di Maxi 155 cc kami dan menetapkan standar baru untuk sepeda motor otomatis di kelasnya," ujar Dyon di Jakarta belum lama ini. 

Komponen YECVT di Yamaha Nmax Turbo (Dok: Uzone.id/Brian)
Preview
Komponen YECVT di Yamaha Nmax Turbo (Dok: Uzone.id/Brian)

Sebelumnya selain Xmax, Yamaha Lexi juga sempat ditanyakan mengenai kemungkinan penyematan teknologi YECVT tersebut. Rifki Maulana selaku Manager Public Relations PT YIMM mengakui terdapat kemungkinan Lexi untuk menggunakan fitur "Turbo". 

"Kita lihat demand-nya, kalau lexi memang membutuhkan (turbo), ya bisa kita studi kan," ujar Rifki. 



Meskipun jawaban keduanya diplomatis, namun tidak menutup kemungkinan teknologi YECVT atau "Turbo" benar-benar diturunkan ke produk lainnya. Mengingat secara teknologi, Yamaha sudah memilikinya dan bisa diterapkan di produk manapun. 

Hal ini juga terjadi pada fitur Y-Connect pada motor Yamaha. Pada awalnya teknologi ini hanya dimiliki oleh Nmax saja. Namun lambat laun, Y-Connect juga dipasang pada Aerox, Xmax, YZF-R15, FreeGo, hingga Xmax. 



Sebagai tambahan informasi, teknologi "Turbo" atau YECVT menggantikan peran roller untuk menggerakkan pulley primer. Dengan YECVT, pergerakan pulley primer akan digantikan oleh komponen mekanis yang diatur oleh transmission control unit. 

Dengan teknologi tersebut, bisa membuat Aerox "Turbo" untuk memiliki dua mode berkendara seperti Nmax "Turbo" yakni S-Mode dan T-Mode. Selain itu fitur Y-Shift juga bisa disematkan untuk membantu mesin untuk berakselerasi lebih cepat.

populerRelated Article