icon-category Auto

Kenapa Yaris Cross Hybrid Pakai Baterai yang Berbeda dari Innova Zenix?

  • 07 Jul 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Toyota memiliki banyak pilihan mobil hybrid di pasar Indonesia saat ini, salah satu yang paling baru adalah All New Toyota Yaris Cross dan Innova Zenix. Namun jika diteliti, baterai dari kedua produk yang dilengkapi tekonologi hybrid tersebut berbeda. Kira-kira apa alasannya ya?

Anton Jimmi Suwandy selaku Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan pada Innova Zenix Hybrid menggunakan baterai berbahan nikel. Sementara untuk Yaris Cross Hybrid mengandalkan baterai lithium ion.

Pemilihan baterai ini disebutkan oleh Anton telah melalui riset yang ditentukan oleh dimensi kendaraan.

"Sebenarnya penggunaan baterai nikel atau lithium ion tergantung spesifikasi dan kondisi dari mobilnya," ujar Anton saat ditemui di Kota Batu, Jawa Timur.

alt-img

Anton menyebutkan Presiden Direktur TAM, Hiroyuki Ueda, pernah menjelaskan penggunaan baterai lithium di Yaris Cross Hybrid menyesuaikan dengan mobilnya.

"Karena All New Yaris Cross ukurannya lebih kecil dan juga mesinnya lebih kecil. Jadi membutuhkan bahan baku yang lebih ringan ya," lanjut Anton.

Jika dilihat secara dimensi Toyota Yaris Cross Hybrid memiliki panjang 4.310 mm, lebar 1.770 mm, dan tinggi 1.615 mm. Sementara Innova Zenix Hybrid memiliki dimensi panjang 4.755 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.795 mm.

Sementara itu mesin pada Yaris Cross Hybrid menggunakan 2NR-VEX berkapasitas 1.496 cc, 4-silinder segaris, DOHC, yang mengeluarkan tenaga sebesar 89,8 dk dan torsi 141 Nm. Mesin tersebut dibantu dengan motor listrik bertenaga 79,1 dk dan torsi 121 Nm.

Sedangkan Innova Zenix Hybrid dibekali mesin yang lebih besar yakni M20A-FXS, 1.987 cc, 4-silinder segaris, DOHC, yang menghasilkan tenaga 186 PS dan torsi 187,3 Nm. Mesin tersebut dipadukan dengan motor listrik bertenaga 113 PS dan torsi 205 Nm.

Dengan dimensi dan mesin yang lebih besar, Anton menyebutkan tidak memungkinkan Toyota Innova Zenix untuk menggunakan baterai lithium seperti pada Yaris Cross.

"Zenix menggunakan baterai lithium? enggak-enggak. Jadi pemilihan baterai lithium lebih ke kecocokan tipe mobilnya. Jadi itu sih mungkin kalau mengutip Ueda-san masalah baterai," papar Anton.

Sebagai tambahan informasi, All New Toyota Yaris Cross Hybrid dijual di Indonesia mulai dari harga Rp440 jutaan. Sementara Innova Zenix Hybrid dijual di Tanah Air dengan harga mulai Rp468 jutaan.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini