home ×
Auto

Kencan Singkat Bareng Si Seksi Toyota Raize

07 May 2021 By
Kencan Singkat Bareng Si Seksi Toyota Raize
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Impresi pertama setelah bertemu langsung dengan SUV kompak terbaru Toyota benar-benar sesuai dengan ekspektasi. Kesan ini juga bisa berlaku untuk kalian yang baru pertama kali mau 'mencoba' Toyota.

Toyota Raize. Setelah hampir satu dekade Toyota selalu menyandang image 'over price' pada mobil-mobilnya, sekarang tidak berlaku untuk Raize.

Mobil ini memang kecil dari luar. Tapi tidak sempit di dalam. Punya banyak fitur dan performa mesin kecilnya pun lumayan. Nah, untuk tau lebih lanjut impresi kencan singkat kami, baca sampai selesai!

Desainnya seksi

Kalau kalian merasa melihat Raize di foto sudah menganggapnya keren, coba deh liat langsung. Lebih keren. Tumben, Toyota gak lebay dalam memberikan bodikit pada Raize, khususnya yang tipe GR Sport.

Grillnya hitam, bumper depannya penuh lekuk dan sudut tajam yang agresif. Side skirt di samping pun terlihat pas, serta bumper belakang yang sudah dilengkapi dengan diffuser, menambah keganasan tampangnya.

Secara tegas mobil ini menunjukkan dirinya sebagai sebuah SUV kecil yang sporty. Minim aksen krom dan terlihat porposional, dengan perpaduan dua warna body, serta pengaplikasian pelek hitem berdiameter 17 inci. Komposisinya jadi porposional.

Kabin berkesan mahal

Kemudian kita masuk ke dalam kabinnya. Kami akui, kabinnya tidak luas, tapi juga sangat tidak sempit. Pas. Duduk di depan sebagai pengemudi enak, duduk di belakang sebagai penumpang pun gak sesak.

Desain dasbbornya yang hampir semua bermaterialkan plastik, punya tekstur yang membuatnya terlihat gak murahan. Apalagi dengan layar sentuh berkonsep floating yang mencuri perhatian ruang kabin.

Setirnya kulit dan sudah dibekali paddle shifter. Tombol start/stop serta tombol pengoperasian fitur Toyota Safety Sense pun lengkap, mulai di sisi kanan dasbor sampai pada lingkar setir.

Posisi tuas perseneling dengan setir pun dekat, jadi berasa sporty meski gak harus selalu mengandalkan paddle shifter.

Kemudian joknya juga cukup memuaskan. Meski pengaturannya belum elektrik, tapi sudah bisa maju mundur, reclaining dan naik turun. Sensasi didudukinnya juga nyaman dan empuk. Materialnya perpaduan semi kulit dan fabric dengan corak yang juga agresif.

Performa mesin kecilnya.., ah rasain sendiri aja!

Hal unik lain yang gak kalah bikin penasaran adalah mesin. SUV tapi pakai mesin 1.000cc, jarang sekali Toyota berani ekstrem kayak gini dalam bergambling dengan sodoran spesifikasi teknis.

Sudah begitu mesin tersebut cuma 3 silinder yang biasanya punya suara dan getaran yang menganggu. Tapi ternyata, Toyota melakukan serangkaian penyesuaian dan berhasil membuat mesin ini minim getaran, layaknya mesin 4 silinder.

Tenaganya yang mencapai 98 PS cukup pas, terutama di perkotaan. Kemudian torsinya 140 NM juga cukup lumayan untuk meladeni akselarasi spontan stop n go di perkotaan. Kami tidak berharap terlalu tinggi untuk performa mesinnya, cukup gak merasa lemot, itu sudah cukup.

Hanya saja, meski getaran tidak terasa, tapi raungan mesin khas 3 silinder masih bocor ke dalam kabin. Agak sedikit menganggu, tapi kalian bisa menambahkan peredam tambahan kalau mau lebih senyap.

Handling khas DNGA

Secara postur mobil ini sudah menyuguhkan karakter yang seharusnya stabil. Ground clearence rendah untuk sebuah SUV, wheelbase panjang, dan profil ban yang hanya sedikit lebih tebal dari versi Jepang.

Putaran setirnya gak terlalu ringan, tapi tetep nyaman diajak bermanuver dan presisi serta lumayan tajam. Platform baru DNGA pun menjaga harmonisasi struktur mobil dengan baik saat bergerak.

Redaman suspensinya juga terasa mahal. Karakternya keras, tapi saat harus melewati jalan rusak atau polisi tidur, punya rebound yang terasa berkelas.

Kesimpulan

Buat para pembeli mobil pertama, yang baru mau mencoba merek Toyota, Raize bisa memberikan kesan pertama yang baik. Juga buat para pengguna citycar, tapi mau mobil yang tetep kompak namun punya fleksibilitas dan durabilitas yang lebih baik, ini juga oke.

Apalagi secara harga, kisaran dibawah Rp300 jutaan masih dianggap sebagai sebuah harga yang terjangkau untuk sebuah SUV kompak. Apalagi ditampah dengan tampang dan fitur melimpahnya.

VIDEO Test Drive Toyota Raize

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id