Digilife

Kendali Admin di Google Meet: Tak Bisa Sembarangan Ubah Background

  • 31 January 2021
  • Bagikan :

    Uzone.id - Adanya pandemi membuat berbagai aktivitas dibatasi, termasuk kegiatan belajar mengajar, pekerjaan yang mengharuskan untuk bertemu banyak orang dan keluar rumah. Berbagai aplikasi layanan konferensi lewat video hadir sebagai alternatif, salah satunya Google Meet.

    Layanan video milik Google ini terus memiliki fitur-fitur menarik seperti breakout room, fitur angkat tangan, polling, dan lainnya. 

    Salah satu yang sering dibicarakan dan di-request banyak orang adalah adanya fitur “custom background” dimana pengguna bisa mengubah sesuka hati latar yang ingin mereka pakai.

    Baca juga: Cara Menambah Perlindungan Keamanan OTP

    Fitur Custom background ini juga sering digunakan para user untuk menyembunyikan  kamar yang berantakan, atau mengekspresikan kesukaan mereka terhadap sesuatu.

    Seperti yang sering dipakai anak remaja dimana mereka menggunakan foto idola mereka sebagai latar layar.

    Meskipun terlihat lucu dan menyenangkan, terkadang hal ini juga dapat mengganggu pengguna lain. Hal inilah yang mendorong Google untuk menambah setting baru dimana kini admin dapat mengendalikan background para anggotanya.

    Baca juga: Tahun 2020 Jadi Awal Kemunculan Ransomware 2.0

    Dikutip oleh Uzone.id dari Techradar, Minggu (31/1), pengaturan admin ini akan menentukan apakah partisipan bisa atau tidak mengubah background ketika join pertemuan. Artinya, ketika penyelenggara menonaktifkan setting tersebut, maka anggota rapat tidak bisa mengubah latar sesuai keinginan mereka.

    Bagi admin, fitur ini akan aktif secara default, tetapi bisa dinonaktifkan di level OU atau grup. Namun, pilihan ini akan dinonaktifkan secara default bagi domain edukasi dan perusahaan pendidikan (Education and Enterprise for Education).