icon-category Gadget

Kepoin Smartphone Capres-Cawapres, Tim iPhone atau Android Nih?

Bagikan :

Uzone.id - Gak akan ada habisnya kalau membahas mana yang terbaik antara smartphone Android atau iPhone. Saking seringnya jadi bahan obrolan, pertanyaan seperti “Lo tim Android atau tim iPhone?”, mungkin sering ditanyakan kepada kalian.

Termasuk pada momen pemilu 2024, dimana masyarakat Indonesia harus memilih pasangan capres-cawapres yang akan memimpin pada periode tahun 2024 sampai 2029 mendatang. Dari ketiga pasangan yang bertarung, sebenarnya mereka tim Android atau tim iPhone, sih?

Dari observasi tim Uzone.id melalui media sosial Instagram, X (dulunya Twitter), Google, hingga YouTube, rupanya ketiga pasangan capres-cawapres adalah pengguna iPhone. Tapi, ada juga kok yang pakai smartphone Android.

Ketiga paslon memakai iPhone keluaran 2021 ke atas. Lumayan sulit mengidentifikasi modeol iPhone-nya, lantaran desain bodi belakang yang tampak identik antara model lawas dengan varian terbaru.

Pasangan nomor urut 02, yakni Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka bisa dibilang merupakan user Android. Kami langsung ngeh ponsel yang digunakan - mereka adalah pengguna smartphone lipat besutan Samsung. 

alt-img
Foto: Instagram/@raffinagita1717

Prabowo Subianto pakai Samsung Galaxy Z Fold, kemungkinan Samsung Galaxy Z Fold4 atau Z Fold5, karena dari tangkapan layar terlihat bezel bagian atas dan bawah yang sedikit lebih tipis dari Samsung Galaxy Z Fold3.

Dalam beberapa kesempatan, Prabowo juga menggunakan iPhone sebagai salah satu perangkat utamanya.

View this post on Instagram

A post shared by Prabowo Subianto (@prabowo)

Kalau Gibran, ia pakai Samsung Galaxy Z Flip4 yang dibalut casing Pokemon. Ia juga sempat terlihat pakai iPhone, tapi lagi-lagi kami sulit mengetahui apakah tipe yang ia gunakan adalah iPhone 13 Pro Series, 14 Pro Series, atau 15 Pro Series.

alt-img
Foto: YouTube/Berita Surakarta

Bisa tebak mereka pakai iPhone model apa?

Coba kami tanya ke kalian, melihat unggahan Anies Baswedan di bawah ini, bisa tebak model iPhone apa yang ia gunakan? Dari jumlah lensanya, pasti ini adalah seri Pro atau Pro Max, tapi apakah itu iPhone 13 Pro, 14 Pro, atau malah 15 Pro?

Sulit buat mengenali desain ketiga model iPhone tersebut, karena plek nyaris identik satu sama lain. Kecuali, foto ponselnya ditampilkan dalam berbagai angle, bagian depan dan belakang misalnya, seperti unggahan Muhaimin Iskandar di bawah ini.

Bisa dipastikan ia menggunakan iPhone 13 Pro Max. Dari ukuran dan desain layarnya saja sudah ketahuan, terdapat notch di bagian atasnya dan bukan punch hole bergaya Dynamic Island seperti iPhone 14 Pro atau iPhone 15 Pro.

Kayaknya, kalian juga bakalan sulit mengenali iPhone tipe apa yang dipakai oleh Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Kalau dari ukurannya sih, kemungkinan besar Pro Max dengan bentangan layar 6,7 inci.

View this post on Instagram

A post shared by siti atikoh (@atikoh.s)

View this post on Instagram

A post shared by Mahfud MD (@mohmahfudmd)

Tiap Apple meluncurkan iPhone terbaru, gak perlu debat lagi deh, spesifikasi dan fitur yang ditawarkan selalu lebih canggih. Tak jarang pula jadi trendsetter, dan ‘ditiru’ oleh banyak smartphone Android di pasaran.

Namun hal ini tak berlaku pada bahasa desainnya. Cuma otak-atik pilihan warna, sedikit mengubah bezel pada layar, hingga bodinya yang kian diperkuat, tapi bentuknya sama saja dengan seri-seri terdahulu.

Opini kami, mungkin ada beberapa alasannya. Pertama, ya Apple merasa desainnya ‘baik-baik saja’ dan tidak terlihat buruk sama sekali, meski sudah diadopsi oleh beberapa iterasi. 

Malahan, sampai sekarang desain iPhone pun seringkali jadi inspirasi desain brand-brand smartphone, entah bingkai bodi yang datar, bentuk kamera boba, sampai desain Dynamic Island.

Alasan kedua, menerapkan desain yang baru otomatis butuh waktu dan uang yang tak sedikit. Belum lagi perombakan pada proses produksi yang juga memakan biaya besar-besaran. 

Dan alasan ketiga, Apple rasanya gak butuh upaya pemasaran besar untuk mengenalkan bahwa “Ini lho iPhone terbaru”. Desain iPhone sudah ikonik dan mudah dikenali, bahkan oleh orang yang belum pernah menggunakan iPhone sekalipun.

Kami rasa, kalau menyandingkan iPhone generasi teranyar dengan ponsel Android tipe sekarang, kemungkinan besar orang-orang akan lebih dulu mengenali iPhone. 

Dan pada akhirnya, mau desainnya selalu sama, iPhone selalu diminati oleh masyarakat secara luas, bahkan oleh capres-cawapres sekalipun.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini