icon-category Travel

Kepulauan Selayar Sulsel Diarahkan Jadi Kota Marina Dunia

  • 15 Mar 2019 WIB
  • Bagikan :

    Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

    Uzone.id - Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel), diarahkan untuk menjadi Kota Marina Dunia.

    Mengutip siaran pers dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Selayar memiliki destinasi yang ikonik dan dikenal luas, yaitu Takabonerate. Destinasi ini juga memiliki atoll terbesar di Asia Tenggara.

    Mengutip Kompas.com, atol adalah salah satu jenis pulau karang yang terbentuk dari kerangka makhluk-makhluk laut yang renik.

    Baca juga: Ini Imbauan Kemenpar Terkait Harga Tiket Pesawat yang Tinggi

    Alasan lain Kepulauan Selayar layak dijadikan sebagai salah satu kota marina di Indonesia, kepulauan ini terletak di titik tengah perlintasan kegiatan cruisedan sailing nasional dan internasional.

    Karena itu, Kepulauan Selayar cocok untuk pengembangan wisata bahari, cruise atau sailing yacht, ditambah kekayaan budaya, dan sejarah jalur sutra bahari dunia.

    Baca juga: Kenapa Milenial Sering Liburan ke Tempat yang Itu-itu Aja?

    Masih mengutip siaran pers dari Kemenpar, potensi wisata cruise dinilai cukup menjanjikan, karena mampu mendatangkan wisatawan mancanegara (wisman) dalam jumlah yang lebih besar.

    Hasil riset Cruise Lines International Association (CLIA) pada 2018 menunjukkan bahwa wisman untuk pasar cruise di kawasan Asia Pasifik didominasi oleh wisman asal Tiongkok, Taiwan, Singapura, Jepang, Hongkong, India, dan Malaysia.

    Baca juga: Catat, Halal Tourism dan Wisata Religi itu Beda

    Selain itu, Selayar merupakan salah satu gugus kepulauan di Indonesia Tengah yang memiliki keunikan flora fauna yang tidak bisa ditemui di daerah lain.

    Kepulauan Selayar berada di dalam kawasan garis imajiner Wallacea, yaitu Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Halmahera. Hal ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu nilai jual pariwisata Selayar yang dapat dieksplorasi oleh wisatawan sebagai salah satu destinasi wisata bahari unggulan di Indonesia.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini