Digilife

Kerja di Rumah di Tengah Corona, Bisa Manfaatkan 4 Layanan Digital Telkom Ini

  • 16 March 2020
  • Bagikan :

    (Ilustrasi. Foto: William Iven / Unsplash)

    Uzone.id -- Pemerintah sejak Minggu kemarin (15/3) mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia agar melakukan segala aktivitas dari rumah, termasuk bekerja. Imbauan ini tentu bukan untuk bersantai di rumah, tapi tetap menjaga produktivitas secara remote.

    Di zaman yang serba digital seperti sekarang, ada beberapa layanan yang bisa dimanfaatkan agar menunjang pekerjaan lebih mudah, praktis, dan tak ada hambatan. 

    Berikut deretan layanan digital yang berada di bawah naungan Telkom, alias produk lokal yang bisa digunakan untuk membantu produktivitas kita selama bekerja dari rumah di tengah pandemi corona.

    1. Indihome Video Call

    Sejak beberapa tahun belakangan Telkom menambah fitur video call di dalam Indihome agar pengguna bisa melakukan panggilan video dengan kualitas HD dan suara jernih melalui perangkat layar besar seperti TV.

    Layanan ini bekerja sama dengan Huawei dan bisa dimanfaatkan bagi yang membutuhkan meeting atau percakapan secara virtual selama masa Work From Home (WFH).

    Caranya, tinggal aktivasi melalui menu UseeTV di dalam Indihome, lalu konfirmasi untuk proses aktivitasnya dari aplikasi mobile MyIndihome.

    Baca juga: Darurat Corona, Ruangguru Buka Sekolah Online Gratis

    2. ChatAja

    Awalnya bernama Kiwari Chat, kemudian aplikasi mobile ini berganti nama menjadi ChatAja pada Oktober 2019. Sesuai dari namanya, aplikasi ini menyediakan layanan pesan instan seperti WhatsApp.

    Selain untuk berkomunikasi secara instan, ChatAja memiliki beberapa fitur di dalamnya. Ada “Berkas Rahasia”, fitur yang bisa dimanfaatkan untuk berkirim file terenkripsi yang bisa diakses setelah mendapatkan kode verifikasi.

    Lalu ada “Cloud Native”, fitur yang bisa menyimpan semua data dan riwayat percakapan secara otomatis di cloud system ChatAja. Tak lupa “Jelajah”, fitur yang menyediakan konten gratis seperti berita, mini games, hingga psikologis berlisensi. ChatAja turut menyediakan fitur chatbot.

    Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di Google Play Store dan Apple App Store.

    Baca juga: Corona 'Paksa' Kerja dari Rumah, Telkomsel Antisipasi Lonjakan Trafik Data

    3. CloudX

    Layanan satu ini dikembangkan oleh Telkomsel dan model bisnisnya business-to-business (B2B), menyediakan solusi akses jaringan komunikasi telepon secara internal dan eksternal untuk optimalisasi operasional korporasi.

    Dengan kata lain, CloudX menjadi layanan komunikasi terintegrasi berbasis cloud yang bisa digunakan oleh karyawan perusahaan dan bisa diakses dari ponsel hingga laptop atau komputer.

    4. Cognitium

    Layanan ini sering disebut sebagai e-learning yang bisa diakses dari berbagai perangkat, dari ponsel, tablet, laptop, dan komputer. Isinya ratusan konten video yang terdiri dari ragam kategori agar bisa mempelajari hal dan inspirasi baru, khususnya soal pekerjaan.