icon-category Auto

Kesal Ditolak Suzuki, Bos Toyota Pajang Jimny di Booth Toyota!

  • 28 Jan 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Akio Toyoda, yang merupakan orang nomor satu Toyota Motor Corp membuat kejutan di ajang Tokyo Auto Salon 2024, dengan memajang sebuah Suzuki Jimny di booth Toyota!

Ya, Akio Toyoda memang terkenal sebagai petrolhead dan sangat menyukai mobil yang tidak hanya dari merek Toyota.

Dialah yang mendorong dan orang di balik banyak mobil Toyota yang begitu fun to drive yang diperkenalkan dibawah bendera Gazoo Racing.

Tapi kalau sampai memilih Suzuki Jimny untuk di pajang di booth Toyota, tentu ini sebuah kejadian langka.

Suzuki Jimny itu adalah salah satu dari lima mobil yang dipamerkan di Morizo Garage di Tokyo Auto Salon 2024 di Jepang. 

Jika kalian masih asing dengan "Morizo", itu adalah alter ego Akio Toyoda saat dia balapan mobil. 

Saking cintanya sama Suzuki Jimny, jadi gak heran kalau sebelumnya beredar pemberitaan kalau Toyota mau menjiplak alias rebadge Suzuki Jimny, yang langsung ditolak mentah-mentah oleh Suzuki.

"Ini seperti meminta Toyota untuk mengizinkan kami merekayasa Land Cruiser," menurut pernyataan eksekutif Suzuki dalam sebuah wawancara dengan Autocar India.

Padahal sejak tahun 2017, Toyota dan Suzuki telah bekerja sama dalam berbagai proyek sebagai bagian dari aliansi bisnis untuk berbagi platform. 

Faktanya, Toyota bahkan memiliki 4,9 persen saham Suzuki setelah kesepakatan timbal balik yang memungkinkan Suzuki mengakuisisi 0,2 persen saham Toyota.

Jimny dipamerkan bersama GR Corolla yang dimodifikasi dan iQ GRMN yang hanya dijual di Jepang dan terbatas hanya 100 unit, dibuat pada tahun 2009.

Kemudian ada juga Lexus LBX Morizo RR Concept, merupakan non-Toyota pertama yang menggunakan mesin tiga silinder turbocharged milik GR Yaris dan GR Corolla. 

Mobil konsep ini hanya ada satu kali saja untuk saat ini, tetapi hal ini menunjukkan bahwa Akio Toyoda tertarik pada SUV berperforma tinggi.

Selain itu, Morizo Garage juga menjadi tuan rumah bagi Century SUV GRMN yang menarik dengan pintu belakang geser elektrik mirip minivan. SUV mewah Toyota ini mendapat sentuhan sporty dengan bodi lebih agresif dan serat karbon. 

Jimny bukan satu-satunya produk di luar kerajaan Toyota/Lexus, karena selain lima mobil yang disebutkan, ada juga skutik Yamaha Vino. 

Akio menjelaskan bahwa dia sebenarnya menginginkan sebuah Vespa tetapi harganya mahal dan memutuskan untuk memilih Vino bekas dengan ban yang aus dan spatbor yang retak. 

Namun saat hendak mengambil skutik tersebut, pihak dealer sudah menggantinya dengan yang baru.

Pimpinan Toyota tersebut jga bercerita kalau dia membeli semua mobilnya dari diler seperti orang biasa, tanpa mengharapkan perlakuan khusus dari penjualnya.

Namun, ia kemudian mengakui bahwa ia memanfaatkan posisi tingginya di perusahaan tersebut untuk mengurangi antrean saat membeli mobil GRMN.

"Aku mohon mereka membelikan satu saja untukku, dan memaksaku masuk. Biarkan aku menyalahgunakan hak istimewaku sebanyak itu," ujarnya.

Akio ditanya berapa banyak mobil yang dimilikinya, dan meskipun ia tidak pernah menghitungnya, ia menjawab bahwa ia memiliki beberapa kendaraan edisi terbatas, khususnya model GRMN.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini