icon-category Health

Keseringan Makan Gorengan Picu Radang Sendi

  • 02 Mar 2017 WIB
Bagikan :

Gorengan memang camilan nikmat yang disukai banyak orang. Apalagi jenis panganan satu ini mudah untuk didapat. Di sudut-sudut jalan bisa dengan mudah kita jumpai penjaja gorengan.

Tapi tahukah Anda bahwa terlalu banyak mengonsumsi gorengan bisa meningkatkan risiko radang sendi, lho!

Ahli gizi Mirza Hapsari Sakti mengatakan bahwa makanan yang digoreng mengandung minyak jenuh yang dapat meningkatkan risiko peradangan dalam tubuh termasuk radang sendi.

"Makanan yang digoreng dengan minyak cukup banyak itu lemak di dalamnya sangat tinggi. Hal ini memicu risiko inflamasi kalau dikonsumsi terlalu sering, kolesterol didalamnya juga cukup tinggi," ujarnya pada temu media peluncuran program Sayangi Sendi oleh PT Kalbe Farma di Jakarta, Kamis (2/3/2017).

Makanan yang mengandung kolesterol, termasuk gorengan dapat menghambat aliran darah yang membuat otot kekurangan oksigen. Pada gilirannya hal ini memicu otot kaku dan gampang lelah.

"Apalagi sekarang kita makan setiap hari nggak bisa lepas dari gorengan. Ya batasi dari sekarang kalau tidak ingin terkena radang sendi," tambah Mirza.

Sebagai pencegahan, ia merekomendasikan agar seseorang memperbanyak konsumsi kacang-kacangan yang kaya asam lemak baik, jeruk yang kaya antioksidan, alpukat yang kaya asam lemak baik yang dapat mencegah peradangan termasuk di area sendi.


 

Berita Terkait:

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini