icon-category Auto

Ketahui Komponen Mobil yang Mesti Dicek Saat Musim Hujan

  • 14 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id – Memasuki musim hujan, waspada terhadap jalanan licin, genangan air, sampai terjadinya banjir harus jadi salah satu perhatian, terutama bagi kalian pengendara mobil. Diperlukan pengecekan komponen mobil sebagai persiapan menghadapi curah hujan yang tinggi.

    Salah satu komponen penting adalah ban. Periksa tingkat keausan telapak ban dengan melihat Tread Wear Indicator (TWI) yang ada di alur ban mobil. 

    Telapak ban aus yang telah melewati batas TWI membuat pengendalian mobil menjadi sulit di jalan licin. 

    BACA JUGA: IMOS 2022 Janjikan Inovasi Baru Sepeda Motor di Indonesia

    Periksa juga tekanan udara ban sesuai standar sehingga mobil dapat dikemudikan dengan baik.

    Kemudian, cek rem mobil dengan memeriksa kampasnya dan mengisi tabung minyak rem sesuai takaran. Periksa pula saluran rem dari kebocoran.

    Jangan lupa untuk memeriksa kondisi aki mobil dan alternator untuk menjaga kinerjanya menyuplai perangkat listrik yang bekerja ekstra saat hujan. 

    Pastikan pula wiper dalam kondisi baik, termasuk washer pembersih kaca, serta gagang dan motor penggerak wiper. Ini yang mungkin sering terlewatkan, jangan sampai air pembersih kaca kosong sehingga akan menyulitkan saat kaca kotor.

    Gak cuma itu, lampu-lampu di mobil pastikan gak ada yang mati, terutama lampu depan, sein fog lamp, sampai lampu belakang. Selain membahayakan diri sendiri, hal ini juga berdampak pada pengendara lainnya.

    Pastikan juga AC berfungsi baik supaya tidak mengganggu daya pandang pengemudi lantaran kaca depan berembun. 

    Kaki-kaki seperti sistem kemudi dan suspensi yang optimal turut menjaga performa mobil di jalan basah. Periksa pula kondisi mesin mobil agar tidak bermasalah di tengah hujan deras. 

    Meskipun bukan urusan teknis mobil, tidak ada salahnya memeriksa masa berlaku asuransi mobil dan jenis kerugian yang bisa diklaim. 

    Pada kasus tertentu, mobil dapat rusak akibat terkena pohon atau papan reklame tumbang dan banjir sehingga harus ada perluasan tanggungan asuransi kendaraan.

    “Sambut musim hujan, lakukan pengecekan menyeluruh komponen mobil supaya dapat bekerja optimal sehingga tidak menyulitkan saat hujan turun,” terang Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, dalam siaran pers yang diterima Uzone.id.

    VIDEO Mitsubishi Outlander PHEV:

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini