Digilife

Ketika Asisten Digital Alexa Kasih Tantangan Maut ke Bocah 10 Tahun

  • 30 December 2021
  • Bagikan :
    Ketika Asisten Digital Alexa Kasih Tantangan Maut ke Bocah 10 Tahun Ilustrasi foto: Nicolas J Leclercq/Unsplash

    Uzone.id - Asisten suara Alexa yang disematkan di perangkat Echo Amazon memberikan rekomendasi tantangan ‘maut’ pada anak-anak berusia 10 tahun. Asisten virtual ini ‘menantang’ seorang gadis untuk menempelkan koin ke stop kontak yang tersambung ke listrik.

    Kejadian ini diceritakan oleh sang ibu bernama Kristin Livdahl dalam akun Twitter miliknya.

    Awalnya, sang anak yang berusia 10 tahun meminta Alexa untuk memberinya tantangan/challenge untuknya.

    Lalu asisten suara tersebut menyarankan untuk mencolokkan sekitar setengah dari pengisi daya telepon ke stopkontak, setelah itu sentuhkan koin ke cabang yang terbuka.

    Baca juga: Indonesia Dipecundangi Thailand 4-0, PSSI Jadi Sasaran Netizen dan Hacker

    Kristin mengatakan bahwa mereka sedang melakukan beberapa tantangan fisik, seperti berbaling dan berguling sambil memegang sepatu di kaki. Challenge berasal dari guru pendidikan olahraga yang ada di YouTube.

    Disaat anaknya ingin melakukan challenge lagi, Alexa menyarankan untuk melakukan tantangan yang diambil dari sebuah situs. Tantangan ini bernama ‘The Penny Challenge’ yang populer sekitar 1 tahun lalu di TikTok dan sosial media.

    Tantangan ini bisa membahayakan nyawa karena dapat menyebabkan tersengat listrik, kebakaran dan juga kerusakan lainnya. Logam ‘uang koin’ yang digunakan dapat menghantarkan listrik yang tersambung dari stopkontak.

    Baca juga: Netizen Indonesia 'kan Pemaaf, Emang Bisa Anut Cancel Culture?

    Mendengar kejadian ini, pemilik layanan suara tersebut Amazon langsung turun tangan dan mengakui kelalaian yang terjadi dalam asisten suara miliknya. 

    “Segera setelah kami menemukan kesalahan ini, kami segera bertindak untuk memperbaikinya,” tulis Amazon dalam sebuah pernyataan, dikutip dari BBC News, Kamis, (30/12/2021).

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini