Startup

Ketika Platform E-commerce dan Medsos Jadi ‘Surga’ Data untuk Perbesar Bisnis

  • 18 June 2021
  • Bagikan :

    Photo by Markus Spiske on Unsplash

     

    Uzone.id -- Namanya menjalankan bisnis agar dapat menyajikan produk atau layanan sesuai target konsumen dan mencapai target pendapatan, tentu hal utama yang harus dilakukan adalah mengetahui seperti apa karakteristik pasar yang akan dituju. Diperlukan data komprehensif agar tahu apa yang dicari oleh target konsumen dengan tepat.

    Mungkin terlihat mudah jika ada perusahaan yang langsung menargetkan generasi muda sebagai target pasarnya untuk menjual produk perawatan kulit, atau apapun itu. Namun, pada kenyataannya, tidak semudah asal tembak “produk ini untuk milenial”, namun ada hal-hal lain yang layak diperhatikan.

    Produk atau layanan seperti apa yang dibutuhkan calon konsumen, mulai dari kemasan, fungsi, kegunaan, hingga harga. Belum lagi memikirkan apakah sudah sesuai dengan daya beli mereka, atau sesederhana apakah bisnis ini memiliki daya jual yang baik?

    Baca juga: Tiga Tips Mengelola Data Lebih Efisien

    Di zaman serba canggih seperti sekarang, untungnya tim dari perusahaan tidak perlu lagi repot-repot turun ke jalan hanya untuk bertanya ke masyarakat demi mendapatkan data valid. Era digitalisasi kemudian mendorong eksistensi “big data”, alias data dalam jumlah besar yang berguna untuk pengembangan bisnis dan membantu pembuat keputusan perusahaan.

    Seperti yang sudah sering disebut, big data dapat diperoleh dari kumpulan data yang selama ini berseliweran di media sosial atau digital, hingga platform marketplace atau e-commerce yang sering digunakan masyarakat. 

    BigBox, salah satu perusahaan penyedia layanan big data yang berada dinaungan Telkom Indonesia, memiliki beberapa platform layanan sesuai kebutuhan. Dua di antaranya adalah BigSocial dan BigMarket, dua layanan yang sering dipakai oleh banyak perusahaan demi meningkatkan efektivitas dan produktivitas bisnis.

    Yuk, kita bahas satu-satu.

    BigSocial

    Di masa sekarang, rasanya hampir semua orang memiliki akun media sosial. Tak cuma sebagai wadah untuk mengabadikan momen berharga, namun di dalamnya tersimpan data berharga juga.

    Dari manakah data itu? Dari obrolan para pengguna, cuitan atau postingan, hingga ragam konten dalam bentuk tulisan, foto atau gambar, dan video. Itu semua adalah unsur data berharga yang dapat diolah menjadi big data.

    Hal-hal inilah yang berguna bagi perusahaan agar mengetahui apa yang sedang dibicarakan, apa yang sedang menjadi tren, apa saja yang mereka sukai dan tidak sukai, sebab aktivitas yang terjadi ranah digital dapat mempengaruhi nilai produk perusahaan, hingga reputasi perusahaan itu sendiri. 

    BigSocial dari BigBox menghadirkan platform data yang diperoleh dari media sosial atau digital tersebut untuk membantu perusahaan dalam mengidentifikasi isu atau masalah, meningkatkan komunikasi dan relasi dengan publik, serta memperkuatkan engagement atau keterikatan konsumen agar kepuasan mereka semakin baik.

    Hal yang membuat solusi seperti BigSocial ini menjadi penting adalah memanfaatkan big data sebagai ‘alat’ peningkat efektivitas perusahaan dari segi pengembangan bisnis dan daya jual produk, serta mempercepat keputusan perusahaan dengan tepat.

    Baca juga: Fenomena Big Data, Pentingnya Mengolah Data Bagi Perusahaan

    Implikasi yang didapat dari penggunaan Big Social beberapa di antaranya adalah bisa mengukur dan memantau opini publik terhadap suatu produk atau brand. Jika terjadi krisis, dengan memanfaatkan analisa opini publik atau informasi yang beredar di dunia maya, kita bisa membuat strategi atau keputusan untuk menghadapi krisis tersebut. Perusahaan juga bisa langsung memperoleh informasi dan data secara realtime, bahkan menyelesaikan masalah dalam waktu singkat.

    BigMarket

    Hampir sama seperti BigSocial, bedanya BigMarket fokusnya menyediakan platform analitik dari marketplace populer Indonesia. Aktivitas pengguna di dalam satu marketplace saja sudah beragam, mulai dari kebiasaan buyer atau pembeli, produk apa yang paling laris, hingga ulasan atau review dari mereka.

    Pun begitu dengan perilaku si seller atau penjual. BigMarket dapat memberikan analisis mengenai hal-hal apa saja yang mendorong sebuah barang bisa laku, tipe produk apa yang sering dicari, persaingan harga, dan lain sebagainya.

    BigMarket menyediakan insight terpercaya yang diperoleh dari platform marketplace secara menyeluruh dan komprehensif, khususnya indikator yang menunjukan supply and demand agar memberikan relevansi ke bisnis perusahaan.

    Solusi BigMarket pada intinya ingin mengarahkan para perusahaan agar lebih mengenal pasar dan target konsumen secara detail untuk membuat strategi dengan tepat terhadap kebutuhan bisnis.

    Salah satu dampaknya adalah mengetahui apa saja produk yang sedang tren, dengan penjualan terbesar di suatu masa. Bahkan pengguna bisa mempelajari perilaku pengguna produk kompetitor, atau menyiapkan strategi penjualan yang lebih baik ketimbang kompetitor.

    Dengan dua platform tersebut, jika digabungkan diharapkan akan sama-sama memberikan dampak yang cukup signifikan dalam kemajuan bisnis.

    }); setTimeout(function(){ $(".modal2").addClass('hilang'); }, 30000);