icon-category Digilife

AI Hidupkan Kembali Ajaran Wing Chun ala Ip Man dan Bruce Lee

  • 01 Nov 2021 WIB
  • Bagikan :

    Foto: dok. Esquire

    Uzone.id -- Keahlian Bruce Lee dalam bela diri yang begitu mempesona mungkin tak akan lengkap tanpa ajaran dari Yip Man, atau yang juga dikenal dengan sebutan Ip Man. Wing Chun, salah satu seni bela diri legendaris asal China, akan hadir dalam bentuk AI.

    Nama Ip Man memang sangat melegenda, hal ini sampai menginspirasi sebuah kampus di Hong Kong mengembangkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang bisa mengajari Wing Chun ini.

    Teknologi AI ini dikembangkan oleh tim riset di Shue Yan University, Hong Kong. Tujuan pengembangan Wing Chun ini adalah untuk melestarikan warisan dari Ip Man.

    Mengutip berbagai sumber, pengembangan AI Wing Chun ini tak lepas dari bantuan Ip Kong-chiu, seorang guru besar juga yang tak lain dan tak bukan adalah cucu dari Yip Man. Dia akan mendemonstrasikan gerakan dari bentuk awal seni bela diri Wing Chun, yakni Siu Nim Tau.

    Baca juga: CEO Google Minta Ada Aturan untuk Teknologi AI

    Siu Nim Tau ini akan disulap ke dalam software agar dapat dipelajari oleh para murid di tingkat SD dan SMP.

    Potret Ip Man sedang mengajari Wing Chun kepada Bruce Lee. (Foto: dok. brucelee.com)

     

    Proyek satu tahun ini merupakan ide dari seorang pencinta Wing Chun, Kaman Lee Ka-man yang saat ini menjabat sebagai kepala departemen jurnalisme dan komunikasi di Shue Yan University.

    Nah, Ka-man dan dosen paruh waktu, Sin Ho-yin akan memantau gerakan-gerakan Ip Kong-chiu secara digital, serta mereka akan menggunakan teknologi yang dapat mengenali gerakan manusia secara detail sesuai kerangka tulang. Dari sini, mereka akan memproduksi pelajaran berbasis AI tersebut.

    Ketika para murid menggunakan software untuk belajar Wing Chun, setiap sesinya akan dipantau dan dinilai, kemudian mereka juga akan menerima bimbingan. 

    Baca juga: Tencent Luncurkan Data Center Kedua di Indonesia

    Sekitar 1.380 anak dari 20 SD dan SMP di Hong Kong akan diajari oleh software ini, dan para guru Wing Chun di kota tersebut akan diundang untuk menggelar workshop yang dapat dimanfaatkan sebagai forum berbagi sejarah dan asal-usul tentang seni bela diri itu.

    “Tujuannya adalah untuk mendorong generasi muda untuk belajar tentang Wing Chun, tak hanya soal keahlian [skill], namun juga budaya serta sejarahnya. Teknologi ini juga sebagai pendobrak bagi para guru besar agar mereka mencoba cara baru nan inovatif untuk mengajarkan seni bela diri,” tutur Ka-man.

    Seperti diketahui, sebelum Ip Man wafat, ia telah melatih ribuan murid, Bruce Lee salahs atunya. Dua anak tertuanya, Ip Chun dan Ip Ching menjadi lawan dan guru besar Wing Chun juga.

    Sosok Ip Man pun menginspirasi industri perfilman, termasuk serial film berjudul ‘Ip Man’ yang diperankan oleh Donnie Yen Ji-dan dari tahun 2008 hingga 2019. 

    VIDEO: Rasanya 2 Minggu Pakai iPhone 13 Pro

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini