home ×
Digilife

Keuntungan Musisi Manfaatkan Platform Digital

16 October 2020 By
Keuntungan Musisi Manfaatkan Platform Digital
Share
Share
Share
Share

Gudfest (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

Uzone.id - Di masa pandemi Covid-19, industri musik sangat mengandalkan platform digital streaming dalam menjual lagu-lagunya.

 

Dengan menggunakan teknologi digital tentu saja ada konsekuensinya, seperti bisa memotong mata rantai distribusi lagu.

CEO Melon dan Langit Musik Dedi Suherman mengatakan, di zaman dulu untuk membuat karya harus tanda tangan sama label, sama publishing.

Berbeda jauh dengan teknologi pada platform digital musik sekarang bisa diunggah langsung ke platform tanpa harus melewati pintu-pintu tadi.

"Jadi sepertinya, musisi pasti tahu lah sekarang banyak agregator yang bisa mereka upload, tiba-tiba lagunya sudah di mana-mana. Kalau YouTube kan langsung, kemudian dia bisa upload ke agregator lagunya sudah ada di Spotify, Joox, Langit Musik dan lain-lain," tutur Dedi saat berbicara di program Uzone Talks bertajuk "Industri Music Go Digital" bersama Bongky Marcel, personel band B.I.P, Kamis (15/10/2020).

BACA JUGA: Fitur Toyota Fortuner Facelift yang Ada di Tipe TRD, VRZ, SRZ dan G

Keuntungannya, kata Dedi, tentu saja otomatis musisi bisa langsung mendapatkan hak kekayaan intelektual secara langsung dan transparan karena bisa mengakses data analitik, dashboard terhadap pendapatan lagu.

Dedi mencontohkan jika dirinya sudah membuat gerakan sejak 2019 dengan membuat kontrak dengan hampir 300 label, mungkin jadi satu-satunya perusahaan dengan kontrak dengan label terbanyak di Indonesia. 

"Karena industri musik Indonesia sempat terpuruk, artinya beberapa platform tumbang, yang bertahan yang kami kelola sekarang," kata Dedi.

Selain itu, Dedi juga mengelola platform untuk mengarahkan musisi indie. Jadi sekarang musisi indie bisa distribusi langsung ke platform bernama laguku.co.id di mana saat mereka mendaftar sudah terverifikasi, mereka bisa unggah lagunya sendiri.

"Lagunya otomatis berada di semua digital platform yang kami kelola dan juga memiliki akses ke data analitik. Jadi konteksnya dari teknologi digital untuk konteks ini akan membantu," kata Dedi.

Keuntungan lainnya, ujar Dedi, karya musisi tidak akan mudah dicuri selama mereka menggunakan platform-platform terverifikasi dan resmi. Selain itu bisa dimonetisasi dengan baik.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article