icon-category Health

Khasiat Tomat untuk Ibu Hamil

Bagikan :

Saat hamil, secara otomatis Anda akan menjaga pola hidup sehat, caranya dengan menjaga asupan makan yang dikonsumsi sehari-hari.

Salah satu buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama hamil adalah tomat. Buah yang dapat dijadikan sebagai campuran lalapan, sup sayur atau jus ini memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ibu hamil.

Telah dirangkum kumparanMOM, berikut beberapa manfaat buah tomat yang bisa Anda dapatkan selama masa kehamilan:

Kaya vitamin C dan Zat Besi

Seperti yang Anda ketahui, zat besi sangat dibutuhkan untuk ibu hamil. Pasalnya, zat besi juga berperan dalam pertumbuhan bayi dalam kandungan dan mencegah kelahiran prematur.

Vitamin C juga dalam tomat juga memiliki kandungan nutrisi esensial yang dibutuhkan ibu hamil selama masa kehamilan untuk membuat bayi dan ibu tetap sehat, mencegah sariawan, memperbaiki jaringan sel kulit, dan sebagainya.

Sumber Asam Folat

Selain kaya vitamin C, tomat juga mengandung asam folat yang sangat diperlukan selama masa kehamilan. Sebaiknya ibu hamil memenuhi kebutuhan asam folat sejak merencanakan hamil, karena bisa mencegah cacat lahir di bagian otak bayi.

Menghidrasi Tubuh

Selain buah semangka dan stroberi, tomat juga memiliki kandungan air yang banyak dan berfungsi untuk menghidrasi tubuh ibu hamil. Selain itu, kandungan air dalam tomat juga bisa berguna untuk melembabkan kulit Anda yang cenderung berubah jadi kering saat hamil.

Mengatasi Masalah Hipotensi

Hipotensi atau yang lebih dikenal dengan masalah tekanan darah rendah, memang rentang menyerang ibu yang sedang hamil. Ini disebabkan karena adanya perkembangan janin yang menekan pembuluh darah besar dan membuat sistem darah jadi meluas sampai membuat tekanan darah jadi menurun.

Membentuk Sel Otak Janin

Tomat memiliki kandungan likopen yang memiliki khasiat untuk perkembangan sel-sel pada janin. Karena likopen bersifat antioksidan yang berperan penting meningkatkan suplai oksigen, maka sel-sel dalam tubuh, termasuk sel otak janin dapat berkembang dengan maksimal.

Mencegah Radikal Bebas

Selain meningkatkan perkembangan sel dalam tubuh janin, likopen dalam tomat rupanya juga berfungsi untuk mencegah radikal bebas yang menghambat kerusakan sel-sel tubuh Anda selama hamil.

 

 

 

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini